Page 345 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 345

l'1trlm.  f:   dan  Pendidi kan



       rlalam  bentuk seperti yang dapat dilihat pada Gambar 1.  Ada tiga
       pilar  utama  yang  membangun  dunia  yang  saya  bayangkan,  dan
       ketiganya  berjalan  di  atas  platform  yang  kita  bangun.  Adapun
       ketiga pilar yang dimaksud adalah:
       •   Norma,  nilai,  value,  norm,  iman,  taqwa  yang  sifatnya  vertikal
          antara manusia dengan penciptanya.
       •   Hukum  tertulis  (written  law),  undang-undang,  PP,  Kepmen,
          Kepdirjen  - yang  sifatnya  horizontal  dan  bertumpu  pada
          aparat  penegak  hukum  dan  pengadilan  sebagai  lembaga
          yang menjamin ditegakannya kebenaran.
       •   Hukum  tidak  tertulis,  konsensus,  hukum  adat  yang  sifatnya
          juga  horizontal  akan  tetapi  tidak  mengandalkan  pengadilan
          dan  aparat  untuk  menegakan  kebenaran  dan  keadilan  tetapi
          menggunakan People's Power.
              Ketiga  pilar  tersebut  berjalan  di  platform  dimana  kita
       berada.  Platform  ini  menjadi  menarik  untuk  dibahas  karena
       perubahan  dinamika  platform  tersebut  ternyata  akan  sangat
       mempengaruhi dominasi diantara ketiga pilar di atas.
              Platform  tempat  pilar-pilar  tersebut  dalam  analisisnya
      ternyata sangat sensitif terhadap kecepatan  pergerakan  informasi
      dan  pengetahuan  di  dalamnya.  Bahkan  pada  sisi  ekstrim  dimana
       informasi  dan  pengetahuan  bergerak  dengan  sangat  cepat  dan
       efisien  bukan  mustahil  kita  kembali  ke  masa  lalu  dimana  hanya
       konsensus  (hukum  tidak  tertulis)  dan  keimanan/taqwa  (hukum
       Allah  SWT) yang akan mengatur sosial dan budaya manusia.
              Platform  adalah  tempat  kita  berpijak,  berkarya,  dan
       berinteraksi.  Platform tersebut akan  berubah dari waktu  ke waktu
      sesuai dengan perkembangan teknologi.  Perkembangan teknologi
      yang  ada  pada  awalnya  cenderung  akan  mempercepat  proses
      transportasi  fisik  yang  berlanjut  dengan  percepatan  transfer
       informasi yang  menstimulasi percepatan transfer ilmu pengetahu-
      an.


      328
   340   341   342   343   344   345   346   347   348   349   350