Page 349 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 349

Pur/Jo,  E-leaming dan  Pendulikan


        B.  Siklus Pemurnian Pengetahuan

               Dengan  adanya  teknologi  informasi  seperti  Internet,
        proses  siklus  perputaran  knowledge menjadi sangat cepat  sekali.
        Platform  kolaborasi  untuk  transfer  tacit  knowledge,  digital  library
        untuk  management  explicit  knowledge  dan  kemampuan  analisis
        dalam  mengolah  raw  data  menjadi  knowledge  menjadi  terasa
        sebagai  sebuah  kesatuan  terpadu  dibantu  teknolog1  informasi
        yang berfokus pada konsep knowledge management.
               Untuk  mengingatkan  kita  semua,  saya  masih  berpenda-
        pat  bahwa  sebaiknya  sebuah  sistem  pendidikan  yang  baik
        mengarahkan    kita   semua  untuk  menjadi  produsen   dari
        pengetahuan  itu  sendiri.  Bukan  hanya  menjadi  konsumen
        informasi dan pekerja yang baik saja.

                      ~~-~==:i
              \                 t
                ,   ~   ackaging 1 _Disseminate  -=--~-·cc~-
             .....  ·:Q\.'c.:,   j
             - <)..:>   •   t--~
              ~    \,_  i  /i
                    \j/,
        I            Feed  Back
          •

                           Surfing






                    Gambar 2.  Siklus Pemurnian  Pengetahuan

               Pada  Gambar  2  saya  mencoba  menggambarkan  siklus
        pemurnian  pengetahuan  secara  sederhana.  Seseorang  dalam
        prosesnya  menganalisis  dan  mensintesis  pengetahuan  dari  ber-
        bagai  masukan  yang  diperoleh,  kemudian  dilemparkan  kepada


        332
   344   345   346   347   348   349   350   351   352   353   354