Page 354 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 354
Cakrawa/a Pendidikan 2
D. lnfrastruktur Internet sebagai Alat Bantu
Untuk mengefisienkan proses pengiriman, pengemasan
informasi, dan pengetahuan, pada hari ini kita sangat dibantu oleh
keberadaan dan perkembangan teknologi informasi yang
demikian pesat. Perlu dicatat bahwa infrastruktur Internet hanya-
lah alat bantu untuk mengefisienkan proses pengiriman dan
pengemasan intormasi. Komputer, Internet, dan e-learning
bukanlah tujuan akhir. Sialnya, keberadaan alat bantu komputer
dan Internet, tidak akan mengubah banyak sistem pendidikan di
Indonesia, kecuali jika ada perubahan paradigma yang menda-
sar, perubahan budaya yang mendasar yang mendorong kita
semua untuk aktif sebagai produsen pengetahuan dan aktif
berpartisipasi dalam siklus pemurnian pengetahuan.
Pada bagian ini akan dibahas sedikit tentang infrastruktur
internet pendukung kegiatan e-learning. Ada beberapa aplikasi
utama yang tersedia secara gratis di Internet dan kemungkinan
besar akan dapat membantu mengembangkan kegiatan e-
learning di Indonesia, yaitu:
• Mailing list, tempat diskusi di Internet untuk melakukan
transfer/interaksi dari tacit (implicit) knowledge.
• Perpustakaan Digital, tempat manajemen dari explicit
knowledge.
• Open University Support System (OpenUSS), perangkat
pe'ndukung administrasi akademis di dunia pendidikan, balk
itu sekolah maupun universitas.
E. Teknologi Internet untuk Sekolah dan
Pendidikan
Pada Gambar 3, saya mencoba menggambarkan model
yang naif dari teknologi Internet yang menjadi basis dari e-
learning. Pada tingkat yang paling bawah, Internet dibangun di
337