Page 353 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 353

Puri>o.  L  li:aming dan  Pelulililkwt


         produsen  pengetahuan,  seseorang  akan  menjadi  konsumen
         pengetahuan   yang   balk,   dan   mampu  menganalisis  dan
         mensintesis  masalah.  Tentunya  proses  pembentukan  manusia
         belumlah  lengkap Jlka  para ·santri'  ini  tidak  secara  aktif masuk ke
         dalam  siklus  pemurnian  pengetahuan,  menyebarkan  pengetahu-
         annya  kepada  masyarakat,  dan  aktif  berinteraksi  dan  menerima
         masukan/umpan balik.
                Keaktifan  seseorang  dalam  mempublikasi  hasil  produksi
         pengetahuannya  dan  berinteraksi  dengan  masyarakat  pada
         akhirnya akan  memperluas manfaat orang tersebut pada anggota
         masyarakat,  komunitas  dan  umat  manusia  lainnya.  Akibatnya,
         pengakuan  akan  keahlian  seseorang  akhirnya  datang  secara
         langsung dari masyarakat, bukan dari ijazah, bukan dari sertitikat,
         bukan dari gelar yang dipegang oleh seorang tersebut.
                Dengan    teknologi   informasi,   proses   pembentukan
         manus1a  melalui  aktifitas  dalam  s1klus  pemurnian  pengetahuan
         menjadi  sebuah  hal  yang  sangat  mudah,  murah  dan  sangat
         mungkin  dilakukan  di  Indonesia.  Secara  praktis,  alat  bantu  yang
         digunakan  adalah  komputer  dan  Internet.  Kita  banyak  bertumpu
         pada  e-mail dan  mailing list untuk melakukan  transfer tacit know-
         ledge,  dan  Web  untuk  melakukan  transfer  explicit  knowledge.
         Biaya  yang  dibutuhkan  dapat  ditekan  beberapa  ribu  rupiat1  per
         bulan per orang dengan bantuan keberadaan warung Internet.
                Apakah  mekanisme  ini  merupakan  e-learning?  Entahlah,
         saya  masih  berpikir  bahwa  hal  mi  merupakan  konsekuensi  dari
         perubahan  paradigma  yang  berbasis  pada transtormasi teknologi
         informasi.
                Saya  tidak  akan  memaksakan  sistem  pend1dikan  yang
         bernaung di bawah Diknas untuk mengadopsi secara keseluruhan
         dan  mempertentangkan  mekan1sme  yang  cukup  revolusioner  ini.
         Saya  masih  berpegang  pada  pendapat,  "Either lead or follow but
         please don't block the road for those who would move forward".



         336
   348   349   350   351   352   353   354   355   356   357   358