Page 300 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 300
Ca/.:rmmla l'cndidikmt 2
Belanda Vereenigde Oosr lndische Compagnie (VOC) meng-
alami kemunduran dan akhirnya fungsi mengatur pemerintahan
dan masyarakat diambil alih oleh pemerintah kolonial Belanda.
Kebijakan sektor pendidikan didasarkan alas prinsip sebagai
berikut: ( 1) tidak memihak a gam a tertentu; (2) penekanan
pendidikan untuk kepentingan kolonial: (3) sistem persekolahan
berdasarkan perbedaan kelas sosial; dan (4) pendidikan
diarahkan untuk membentuk golongan eli! sosial sebagai alai
supremasi politik dan ekonomi kolonial Belanda (Depdikbud,
1985).
Pada awal abad ke-20, pembaharuan dr bidang politik,
ideologi. dan ekonomi setelah depresi ekonomi dan alas desakan
kelompok liberal di Belanda, pemerintah kolonial menerapkan
Politik Etik yang mempengaruhi sistem pendidikan kolonial saat
itu. Kebijakan yang diambil pemerintah kolonial adalah {1)
pendidikan tingkat rendah dan pengetahuan Barat diberikan
kepada bumiputera, dan (2) bahasa Belanda dijadikan bahasa
pengantar di sekolah (Depdikbud, 1985). Tujuan pendidikan
dimaksudkan untuk memenuhi keperluan tenaga buruh untuk
kepentingan kolonial Belanda. Pada masa itu, juga berkembang
sekolah kejuruan. pendidikan berbasrs agama. dan pendidikan
tinggi secara terbatas.
Pada jam an kolonial Jepang mulai tahun 1942, bidang
pendidikan tidak mengalami kemajuan. karena tujuan utama
Jepang adalah memenangkan peperangan. Keuntungan yang
didapat dengan masuknya Jepang adalah kebijakan penggunaan
Bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi pendidikan.
Diskriminasi menurut status sosial dihapuskan, sehingga
penduduk memperoleh hak pendidikan yang sama. Sekolah
swasta seperti Muhammadiyah, Tam an Siswa, dan sekolah
berbasis keagamaan lainnya tetap berkembang sesuai dengan
283