Page 298 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 298

Dampak Otonomi  Daerah

              terhadap Tatanan  Kelembagaan

                                   Pendidikan  Sekolah













                ~em pendidikan nasional  memiliki sejarah panjang
         semenjak  jaman  prakolonial  sampai  saat  ini  (Depdikbud,  1985).
         Sekalipun  sejarah  pendidikan  modern  Indonesia  baru  mulai
         dicatat  semenjak  diperkenalkannya  Politik  Etik  kolonial  Belanda
         pada  abad  ke-19,  sejarah  pendidikan  nasional  telah  ada
         semenjak lahirnya peradaban dan  kebudayaan suku bangsa yang
         mendiami wilayah  yang  saat ini disebut dengan Negara Kesatuan
         Republik  Indonesia.  Pada  masa  pasca  kemerdekaan,  sistem
         pendidikan   nasional   berkembang  pesat   dipengaruhi  dan
         menyesuaikan  dengan  perubahan  global  yang  terjadi  dari  waktu
         ke waktu.
                Kebijakan  dan  peraturan  pemerintah  yang  berlaku  pun
         menyesuaikan  dengan  berbagai  perubahan  nasional  maupun
         global  yang  mempengaruhi  perubahan  kebutuhan  masyarakat
         akan  jasa  pendidikan.  Perubahan  mendasar  yang  timbul  akhir-
         akhir  ini  berkaitan  rleng;m  pemberlakuan  sistem  pemerintahan
         yang  memberikan  otonomi  luas  kepada  daerah.  Hal  ini  menuntut
         perubahan  dalam  strategi  pengelolaan  pendidikan  sekolah  dalam
         kerangka  otonomi  daerah.  Berbagai  perubahan  yang  terjadi




                                                                281
   293   294   295   296   297   298   299   300   301   302   303