Page 298 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 298
Dampak Otonomi Daerah
terhadap Tatanan Kelembagaan
Pendidikan Sekolah
~em pendidikan nasional memiliki sejarah panjang
semenjak jaman prakolonial sampai saat ini (Depdikbud, 1985).
Sekalipun sejarah pendidikan modern Indonesia baru mulai
dicatat semenjak diperkenalkannya Politik Etik kolonial Belanda
pada abad ke-19, sejarah pendidikan nasional telah ada
semenjak lahirnya peradaban dan kebudayaan suku bangsa yang
mendiami wilayah yang saat ini disebut dengan Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Pada masa pasca kemerdekaan, sistem
pendidikan nasional berkembang pesat dipengaruhi dan
menyesuaikan dengan perubahan global yang terjadi dari waktu
ke waktu.
Kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku pun
menyesuaikan dengan berbagai perubahan nasional maupun
global yang mempengaruhi perubahan kebutuhan masyarakat
akan jasa pendidikan. Perubahan mendasar yang timbul akhir-
akhir ini berkaitan rleng;m pemberlakuan sistem pemerintahan
yang memberikan otonomi luas kepada daerah. Hal ini menuntut
perubahan dalam strategi pengelolaan pendidikan sekolah dalam
kerangka otonomi daerah. Berbagai perubahan yang terjadi
281