Page 294 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 294
Cnkrmmln Pendidikn11 2
Seandainya dalam suatu proporsi telah ditentukan RLS
masing-masing kabupaten, maka kita dapat menentukan rata-rata
RLS di propinsi tersebut, kita tulis sebagai R LS. Demikian juga
dalam propinsi tersebut dapat ditentukan nilai rata-rata proporsi
anggaran sektor pendidikan disemua kabupaten di propinsi
tersebut terhadap PDRB, kita tulis PDR£3. Titik potong kedua
1
salib sumbu ini disebut titik 0 • Atas dasar salib sumbu baru ini
maka kita melihat ada empat kuadran yakni Kuadran I, II, Ill, IV.
Apabila suatu kabupaten setelah dianalisis ternyata
terletak di Kuadran I, misalnya maka berarti proporsi anggaran
sektor pendidikan di daerah tersebut berada diatas rata-rata, dan
murid-murid sekolah di kabupaten tersebut RLSnya relatif tinggi.
Meskipun demikian sebagai acuan rata-rata lama sekolah ialah
standar belajar 9 tahun. Sebagai contoh marilah kita lihat Tabel 2:
Tahcl 2 K uadran I
Slandar
Proporsi Standar proporsi
sektor wajib
Kab/Kota RLS (thn) sektor
pendidikan belajar
pendidikan
0/
/0 (thn)
(%) APBD
Kediri 8,19 6,31 9 30
Gresik 8,01 7,59 9 30
Moiokerto 10,04 6,17 9 30
ProbolinggQ__ 8,56 7,14 9 30
Sumber: Data Susenas! Bappenas! 2000 yang Ielah dtolah
Dari Tabel 2, alternatif kebijakan yang dapat dilakukan
ialah meningkatkan proporsi sektor pendidikan terhadap APBD
(%)agar RLS meningkat masing-masing menuju ke standar
277