Page 294 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 294

Cnkrmmln  Pendidikn11  2



                 Seandainya  dalam  suatu  proporsi  telah  ditentukan  RLS
          masing-masing kabupaten, maka kita  dapat menentukan rata-rata
          RLS  di  propinsi  tersebut,  kita  tulis  sebagai  R LS.  Demikian  juga
          dalam  propinsi  tersebut  dapat  ditentukan  nilai  rata-rata  proporsi
          anggaran  sektor  pendidikan  disemua  kabupaten  di  propinsi
          tersebut  terhadap  PDRB,  kita  tulis  PDR£3.  Titik  potong  kedua
                                     1
          salib  sumbu  ini  disebut  titik  0 •  Atas  dasar  salib  sumbu  baru  ini
          maka kita melihat ada empat kuadran yakni Kuadran I,  II,  Ill, IV.
                 Apabila  suatu  kabupaten  setelah  dianalisis  ternyata
          terletak  di  Kuadran  I,  misalnya  maka  berarti  proporsi  anggaran
          sektor pendidikan  di  daerah tersebut  berada diatas rata-rata,  dan
          murid-murid  sekolah  di  kabupaten  tersebut  RLSnya  relatif  tinggi.
          Meskipun  demikian  sebagai  acuan  rata-rata  lama  sekolah  ialah
          standar belajar 9 tahun.  Sebagai contoh marilah kita lihat Tabel 2:

                                Tahcl  2  K uadran  I


                                                           Slandar
                          Proporsi             Standar     proporsi
                           sektor               wajib
             Kab/Kota                RLS (thn)             sektor
                         pendidikan             belajar
                                                         pendidikan
                            0/
                             /0                  (thn)
                                                          (%) APBD
           Kediri            8,19      6,31       9          30
           Gresik            8,01      7,59       9          30
           Moiokerto        10,04      6,17       9          30
           ProbolinggQ__     8,56      7,14       9          30
          Sumber: Data Susenas! Bappenas! 2000 yang Ielah dtolah
                 Dari  Tabel  2,  alternatif  kebijakan  yang  dapat  dilakukan
          ialah  meningkatkan  proporsi  sektor  pendidikan  terhadap  APBD
          (%)agar RLS meningkat masing-masing menuju ke standar









                                                                  277
   289   290   291   292   293   294   295   296   297   298   299