Page 290 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 290

Cakma·ala  Pendidikrm  2



        penting,  sehingga  ditinggalkan  sama  sekali.  Yang  dimaksud
        dengan  strategi  pembangunan  manusia  ialah  seluruh  usaha
        pembangunan,  dan  seluruh  anggaran  pemerintah  yang  tersedia
        digunakan   sedemikian   untuk   meningkatkan   tarat   hidup
        manusianya.
               Sebagai  contoh,  pembangunan  infrastruktur  (prasarana)
        seperti membuat  jalan,  pelabuhan.  sekolah,  rumah  sakit  dan
        sebagainya  harus dapat dimanfaatkan  untuk  peningkatan  kualitas
        hidup manusia itu sendiri.


        C.  Kegunaan dan Operasional IPM
               Sebagai  ukuran  komposit  tunggal,  IPM  yang  nilainya
        antara  0  dan  100  mempunyai  arti,  tingkat  status  pembangunan
        manusia  disuatu  daerah  yang  akan  berfungsi  sebagai  patokan
        daftar  perencanaan,  yakni  dapat  menggambarkan  kemajuan
        disuatu  periode,  dan  dapat  pula  sebagai  perbandingan  kemajuan
        antara daerah satu dengan daerah yang la1nnya.
               Marilah  kita  lihat  cuplikan  mengenai  IPM  1990-1996
        PDRB  (Produk  Domestik Real  Bruto) per kapita  1995 untuk bebe·
        rapa kabupaten/kota di Indonesia.
               Dari  Tabel  1 tampak  bahwa  PDRB  per  kapita  yang  tinggi
        belum  tentu  menghasilkan  IPM  yang  tinggi.  Perhatikanlah  Bukit
        Tinggi dan  Manado;  Bandung dan  Ambon  PDRB yang sama atau
        hampir sama menghasilkan IPM yang berbeda.

        D.  lndikator Pendidikan sebagai salah satu
           komponen IPM
               Sebagaimana  telah  dijelaskan  sebelumnya  bahwa  IPM
        mengukur  tiga  dimensi;  pendapatan,  pendidikan  dan  kesehatan.
        Pada  bagian  ini  penulis  hanya  akan  menjelaskan  indikator
        pendidikan  untuk  melihat  kinerja  pendidikan di suatu  kola atau



                                                                273
   285   286   287   288   289   290   291   292   293   294   295