Page 295 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 295
r l\lllf711, l'rmhnnpmm1 F/.:nnomi dnn Prmhnngrmrm ..
Tabel 3. Kuadran II
Standar
Proporsi Standar
proporsi
sektor wajib
Kab/Kota RLS (thn) sektor
pendidikan bel ajar
pendidikan
% (thn)
(%)APBD
-~<!!~ 3.79 8,60 g 30
Mndiun 4,23 8,69 9 30
Jombang 6,69 7,01 9 30
t-glitar 5,24 8.18 9 30
Sumber : Data Susenas!Bappenas/2000 yang telah dio/ah
Dari Tabel 3, alternatif kebijakan yang dapat dilakukan
ialah peningkatan proporsi sektor pendidikan terhadap APBD (%)
tidak perlu cukup besar, mengingat dengan porsi yang ada RLS
sudah cukup tinggi.
Tabel 4. Kuadran Ill
Proporsi Standar
Stan dar
seklor proporsi sektor
Kab/Kota RLS (thn) jwajib belajar
pendidikan (thn) pendidikan (%)
(%) APBD
1\jgawi 6,09 5,29 9 30
::>umenep 4,65 3,68 9 30
~alek 6,83 5,66 g 30
=·
PonoroQo 5,72 5,72 9 30
Sumber: Data Susenas/Bappenas/2000 yang Ielah diolah
Kebijakan yang dapat diambil perlu peningkatan proporsi
sektor pendidikan terhadap APBD (%) cukup besar agar RLS
rnencapai standar.
278