Page 292 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 292

CakmH·afa  Pmdidikan 2



        kabupaten.  Beberapa indikator yang  biasa digunakan  ialah angka
        melek  huruf,  rata-rata  lama  sekolah,  partisipasi murni  pendidikan,
        tingkat  pendidikan  tinggi  yang  ditamatkan,  dan  angka  putus
        sekolah.
               Salah  satu  indikator  yang  bermakna  dan  mempunyai
        hubungan  yang  sensitif  dengan  pembangunan  daerah  ialah
        indikator  rata-rata  lama  sekolah.  Apabila  indikator  telah  ditetap-
        kan, maka perlu mengetahui kecepatan pertumbuhan.
               Kecepatan pertumbuhan itu berupa:
        (1)  Selisih  angka  rata-rata  lama  sekolah  dari  tahun  ke  i  dengan
                                     X     X
            tahun  ke  i  -1,  ditulis  X   '   '  "- yakni  rata-rata  per-
                                          II
            tumbuhan per tahun.
        (2)  Target  pencapaian.  Sebagai contoh  rata-rata  lama  sekolah  9
                                            X         X
            tahun. Pencapaian target ialah  )'
                                                 X

            dimana  Xs~andar  =  angka standar pencapaian
                   X,'    =  angka data
                    X     =  kecepatan pertumbuhan
                   Y      =  target pencapaian


        E.  Hubungan  rata-rata lama sekolah (RLS) dengan
            Anggaran Pembangunan Belanja Daerah
            (APBD)
               Sebagai contoh misalkan:
               Data lama sekolah, tahun  1995   1998  2001
               Data APBN, tahun        1995   1998  2001
               Cara menghitung
                      (X,sse- X,ggs)  1/3  IJ,

                      (X2o0212001- x,gge)  1/3 = 1-12


                                                                275
   287   288   289   290   291   292   293   294   295   296   297