Page 292 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 292
CakmH·afa Pmdidikan 2
kabupaten. Beberapa indikator yang biasa digunakan ialah angka
melek huruf, rata-rata lama sekolah, partisipasi murni pendidikan,
tingkat pendidikan tinggi yang ditamatkan, dan angka putus
sekolah.
Salah satu indikator yang bermakna dan mempunyai
hubungan yang sensitif dengan pembangunan daerah ialah
indikator rata-rata lama sekolah. Apabila indikator telah ditetap-
kan, maka perlu mengetahui kecepatan pertumbuhan.
Kecepatan pertumbuhan itu berupa:
(1) Selisih angka rata-rata lama sekolah dari tahun ke i dengan
X X
tahun ke i -1, ditulis X ' ' "- yakni rata-rata per-
II
tumbuhan per tahun.
(2) Target pencapaian. Sebagai contoh rata-rata lama sekolah 9
X X
tahun. Pencapaian target ialah )'
X
dimana Xs~andar = angka standar pencapaian
X,' = angka data
X = kecepatan pertumbuhan
Y = target pencapaian
E. Hubungan rata-rata lama sekolah (RLS) dengan
Anggaran Pembangunan Belanja Daerah
(APBD)
Sebagai contoh misalkan:
Data lama sekolah, tahun 1995 1998 2001
Data APBN, tahun 1995 1998 2001
Cara menghitung
(X,sse- X,ggs) 1/3 IJ,
(X2o0212001- x,gge) 1/3 = 1-12
275