Page 287 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 287
i r.,n1m1. l'ellll'mlgwwn Ekonn111i dnn f'emlmngumm ....
4. Pemberdayaan
Pembangunan bukan hanya untuk kepentingan penduduk,
tetapi juga untuk mereka yang berpartisipasi penuh menentu-
kan bentuk kehidupan mereka. Konsep yang komprehensif
cJari pemberdayaan dalam paradigma ini, ialah penduduk
dapat menentukan pilihan sesuai dengan pilihannya. lni
berarti sejalan dengan desentralisasi dan peran serta aktif
dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam membuat dan
mengimplementasikan berbagai kebijakan. Konsep pemba-
ngunan manusia memiliki dua sisi yang harus seimbang :
a. Meningkatkan kemampuan fisik penduduk seperti kese-
hatan dan pendidikan
b. memanfaatkan kemampuan penduduk untuk kegiatan
produkttf, kultur, sosial dan politik (UNDP, 1995)
Meskipun demikian pembangunan ekonomi merupakan
prasyarat bagi tercapainya pembangunan manusia. Dengan
pembangunan ekonomi, terjamin peningkatan produktivitas
dan peningkatan pendapatan melalui penciptaan kesempat-
an kerja.
1. Hubungan antara Pembangunan Ekonomi dengan
Pembangunan Manusia
Pembangunan ekonomi (lebih tepat pertumbuhan
ekonomi), merupakan prasyarat bagi tercapainya pembangunan
manusia, karena dengan pembangunan ekonomi terjamin
pentngkatan produktivitas dan peningkatan pendapatan melalui
penciptaan kesempatan kerja.
Pembangunan ekonomi mempengaruhi pembangunan
man usia dan sebaliknya (lihat Gam bar 1 ). Hubungan ini tidak
berjalan otomatis. Banyak negara atau daerah yang mengalami
pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tanpa diikuti oleh
270