Page 287 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 287

i r.,n1m1.  l'ellll'mlgwwn Ekonn111i  dnn  f'emlmngumm  ....



          4.  Pemberdayaan
             Pembangunan  bukan  hanya  untuk  kepentingan  penduduk,
             tetapi juga  untuk mereka yang berpartisipasi penuh menentu-
             kan  bentuk  kehidupan  mereka.  Konsep  yang  komprehensif
             cJari  pemberdayaan  dalam  paradigma  ini,  ialah  penduduk
             dapat  menentukan  pilihan  sesuai  dengan  pilihannya.  lni
             berarti  sejalan  dengan  desentralisasi  dan  peran  serta  aktif
             dari  masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam  membuat dan
             mengimplementasikan  berbagai  kebijakan.  Konsep  pemba-
             ngunan manusia memiliki dua sisi yang harus seimbang :
             a.  Meningkatkan kemampuan  fisik  penduduk  seperti  kese-
                 hatan dan pendidikan
             b.  memanfaatkan  kemampuan  penduduk  untuk  kegiatan
                 produkttf,  kultur, sosial dan politik (UNDP,  1995)
             Meskipun  demikian  pembangunan  ekonomi  merupakan
             prasyarat  bagi  tercapainya  pembangunan  manusia.  Dengan
             pembangunan  ekonomi,  terjamin  peningkatan  produktivitas
             dan  peningkatan  pendapatan  melalui  penciptaan  kesempat-
             an  kerja.

         1.  Hubungan  antara  Pembangunan  Ekonomi  dengan
             Pembangunan Manusia
                 Pembangunan    ekonomi   (lebih   tepat   pertumbuhan
         ekonomi), merupakan prasyarat  bagi  tercapainya  pembangunan
         manusia,  karena  dengan  pembangunan  ekonomi  terjamin
         pentngkatan   produktivitas  dan  peningkatan  pendapatan  melalui
         penciptaan kesempatan kerja.
                 Pembangunan  ekonomi  mempengaruhi  pembangunan
         man usia  dan  sebaliknya  (lihat  Gam bar  1 ).  Hubungan  ini  tidak
         berjalan  otomatis.  Banyak  negara  atau  daerah  yang  mengalami
         pertumbuhan    ekonomi   yang   tinggi,   tanpa   diikuti   oleh




         270
   282   283   284   285   286   287   288   289   290   291   292