Page 286 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 286
(' a/.:rmm/a Pendidtkan 2
A. Pembangunan Manusia dan Tolok Ukurnya
Di samping ukuran pencapaian pertumbuhan ekonomi,
paradigma baru yang dikembangkan oleh UNDP tentang hakikat
pembangunan ialah Parad1gma Pembangunan Manusia (PPM).
PPM ini mempunyai empat pilar pokok (UNDP, 1995: 12).
Keempat pilar pokok tersebut mengandung prinsip-prinsip benkut:
1. Produktivitas
Penduduk harus dimampukan untuk meningkatkan produk-
tivitas dan berpartisipasi penuh dalam proses penciptaan
pendapatan dalam mencari nafkah. Produktivitas memerlukan
investasi pada manusia serta situasi ekonomi makro yang
memungkinkan penduduk untuk mengembangkan diri secara
optimal.
2. Pemerataan
Penduduk harus diberikan kesempatan yang sama untuk
mendapat akses terhadap semua sumber daya ekonomi dan
sosial.
3. Kesinambungan
Akses pada sumberdaya ekonomi dan sosial harus dipastikan
tidak hanya untuk generasi sekarang, tetapi juga untuk
generasi yang akan datang. Masing-masing generasi
mendapatkan akses dalam memenuhi kebutuhannya tanpa
membebani dan dibebani hutang yang tak dapat dibayar.
Hutang tersebut termasuk hutang terhadap lingkungan
(polusi, eksploitasi sumberdaya alam), hutang finansial (dari
badan-badan keuangan dunia dan dari dalam negeri berupa
obligasi), hutang sosial yakni dengan mengabaikan pem-
bangunan manusia (pendidikan dan kesehatan) serta hutang
demografis (berupa membiarkan pertumbuhan penduduk
yang tak terkendali).
269