Page 299 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 299
/Jillfl/11 dH. flampnk Otmromi {)nemh Tl'rhndnp Tntmrnn ..
membawa prospek dan tantangan bagi lembaga pendidikan
sekolah untuk mengambil inisiatif dan secara positif menanggapi
t;mtangan yang dihadapi.
Sampai dengan akhir dasawarsa 1960-an, kontribusi
sektor pendidikan cukup menonjol dalam partisipasi politik peserta
cltdik dan peletakan dasar sistem pendidikan nasional. Memasuki
dasawarsa 1970-an. beberapa tantangan pokok sektor pendidikan
adalah pemerataan kesempatan pendidikan, kualitas, relevansi,
dan pengembangan SDM kependidikan. Beberapa tindakan nyata
telah diambil pemerintah guna menjawab tantangan tersebut
antara lain ada!ah pengembangan sekolah lnpres, wajib belajar 9
tahun, SMP Terbuka, dan program siaran radio pendidikan.
Namun demikian sampai saat ini kualitas pendidikan dirasakan
mas1h jauh di bawah harapan masyarakat. Bahkan daya saing
SDM nasional sangat rendah, seperti ditunjukkan dalam human
development index Indonesia yang masih berada di bawah posisi
negara-negara ASEAN (UNDP, 2002). Di penghujung akhir abad
ke-20, tuntutan reformasi pendidikan menghendaki restrukturisasi
institusi pendidikan, penerapan otonomi pendidikan, peningkatan
kualitas, transparansi, dan akuntabilitas sistem pendidikan
nasional. Hal ini berdampak signifikan bagi tuntutan perubahan
tatanan kelembagaan pendidikan nasional, termasuk pendidikan
sekolah.
A. Perkembangan Sistem Pendidikan Sekolah di
Indonesia
Perkembangan sistem pendidikan saat ini tidak terlepas
dari sejarah panjang sistem pendidikan bangsa Indonesia sejak
berabad-abad yang lalu. Namun demikian, kesadaran untuk
membentuk sistem pendidikan yang terstruktur baru dimulai ada
pada awal abad ke-19, ketika perusahaan dagang kolonial
282