Page 233 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 233

Surmrii.  f'engl'mhangan  Kurikulum dan  Rahan  Ajar .....



             utuh,  yaitu  bahwa  kurikulum  harus  menjadi  esensi  dari  masyara-
             kat  (curriculum  is  an  essense  of society).  Karena  itu,  isi  muatan
             dan  pengelolaannya  adalah  seluas  masyarakatnya,  tidak  boleh
             terpisahkan  (disjointed)  dari  keadaan  dan  permasalahan  dalam
             lingkungan  masyarakat.  Berdasarkan  paradigma  ini,  konsep  life
             skills perlu menjadi landasan untuk menyusun dan  mengembang-
             kan  substansi pokok (muatan)  kurikulum,  pendekatan pembelajar-
             an,  dan  pengelolaan  pada  semua  jalur,  jenis  dan  jenjang
             pendidikan.  Konsekuensinya,  pendidikan  harus  mampu  menjebol
             dinding-dinding  birokrasi  yang  kokoh  untuk  menghindari  simplifi-
             kasi  sistem  pendidikan  yang  hanya sebatas  formalitas,  pembaku-
             an,  dan  bersifat  kaku,  yang  kini  ternyata  Ieiah  membatasi  peran
             masyarakat  untuk  ikut  memikirkan,  mengelola  dan  mengontrol
             pendidikan.
                     Muatan  life  skills  mengenal  dua  jenis  muatan  dasar
             pendidikan,  yaitu  muatan  isi  dasar  pendidikan  (basic  learning
             content)  dan  muatan  dasar  kemampuan  belajar  (basic  learning
             skills).  Muatan  isi  dasar  pendidikan  terdiri  dari  konsep,  teori,
             definisi, sikap, atau nilai yang selama ini  diajarkan atau dihafalkan
             melalui  mata-mata  pelajaran.  Sedangkan  muatan  dasar  kemam-
             puan  belajar mengajarkan siswa untuk belajar bagaimana belajar.
             Karena  lemah  pada  muatan  pokok  kedua,  sekolah  di  Indonesia
             kurang  dapat  melatih  siswa  menguasai  kemampuan  belajar,  dan
             akhirnya cenderung mengajarkan siswa untuk menghafal konsep-
             konsep, teori-teori, bahkan nilai-nilai.   ...
                    Ada  empat  kemampuan  dasar  untuk  belajar.  Pertama
             kemampuan  verbal,  seperti  kemampuan  cepat  memahami
             gagasan  tertulis  (reading  ability),  kemampuan  cepat  menangkap
             isi  pembicaraan  (listening  comprehension),  dan  kemampuan
             mengungkap  gagasan  baik  lisan  maupun  tertulis  (verbal
             expression)  secara  sistematis.  Kedua,  kemampuan  memahami
             logika  angka,  bidang  dan  ruang,  seperti  berhitung,  mengukur


             216
   228   229   230   231   232   233   234   235   236   237   238