Page 233 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 233
Surmrii. f'engl'mhangan Kurikulum dan Rahan Ajar .....
utuh, yaitu bahwa kurikulum harus menjadi esensi dari masyara-
kat (curriculum is an essense of society). Karena itu, isi muatan
dan pengelolaannya adalah seluas masyarakatnya, tidak boleh
terpisahkan (disjointed) dari keadaan dan permasalahan dalam
lingkungan masyarakat. Berdasarkan paradigma ini, konsep life
skills perlu menjadi landasan untuk menyusun dan mengembang-
kan substansi pokok (muatan) kurikulum, pendekatan pembelajar-
an, dan pengelolaan pada semua jalur, jenis dan jenjang
pendidikan. Konsekuensinya, pendidikan harus mampu menjebol
dinding-dinding birokrasi yang kokoh untuk menghindari simplifi-
kasi sistem pendidikan yang hanya sebatas formalitas, pembaku-
an, dan bersifat kaku, yang kini ternyata Ieiah membatasi peran
masyarakat untuk ikut memikirkan, mengelola dan mengontrol
pendidikan.
Muatan life skills mengenal dua jenis muatan dasar
pendidikan, yaitu muatan isi dasar pendidikan (basic learning
content) dan muatan dasar kemampuan belajar (basic learning
skills). Muatan isi dasar pendidikan terdiri dari konsep, teori,
definisi, sikap, atau nilai yang selama ini diajarkan atau dihafalkan
melalui mata-mata pelajaran. Sedangkan muatan dasar kemam-
puan belajar mengajarkan siswa untuk belajar bagaimana belajar.
Karena lemah pada muatan pokok kedua, sekolah di Indonesia
kurang dapat melatih siswa menguasai kemampuan belajar, dan
akhirnya cenderung mengajarkan siswa untuk menghafal konsep-
konsep, teori-teori, bahkan nilai-nilai. ...
Ada empat kemampuan dasar untuk belajar. Pertama
kemampuan verbal, seperti kemampuan cepat memahami
gagasan tertulis (reading ability), kemampuan cepat menangkap
isi pembicaraan (listening comprehension), dan kemampuan
mengungkap gagasan baik lisan maupun tertulis (verbal
expression) secara sistematis. Kedua, kemampuan memahami
logika angka, bidang dan ruang, seperti berhitung, mengukur
216