Page 230 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 230

Cakrmmla l'e11didikan  2



      belum  berfungsi sebagai sarana umpan balik untuk penyempurna-
      an proses dan hasil pendidikan.
             Kurikulum  sekolah  yang  terstruktur  dan  sara!  beban
      menjadikan  proses  pembelajaran  steril  terhadap  keadaan  dan
      permasalahan  yang  terjadi  di  lingkungan.  Akibatnya,  proses
      pendidikan  menjadi  rutin,  tidak  menarik.  dan  kurang  mampu
      memupuk  kreativitas  murid  untuk  belajar  secara  lebih  efektif.
      Sistem  pendidikan  yang  berlaku juga kurang  memungkinkan  bagi
      guru.  kepala  sekolah,  dan  pengelola  pendidikan  di  daerah  untuk
      melaksanakan  proses  pembelajaran  serta  pengelolaan  belajar
      inovatif.  Kurikulum  yang  kurang  luwes dan  terlalu  terstruktur,  baik
      pada  sekolah  umum maupun  kejuruan,  belum  menjadikan proses
      pendidikan  peka  terhadap  kebutuhan  lapangan  kerja.  Akibatnya,
      sekolah  cenderung  konservatif,  kurang  fleksibel  dan  tidak  mudah
      berubah seiring dengan perubahan yang terjadi dalam  lingkungan
      masyarakat.  Pada  jenjang  pendidikan  tinggi,  perlu  dilakukan
      perubahan  terhadap  kurikulum  yang  masih  menekankan  pada
      penentuan  cakupan  materi  yang  ditetapkan  secara  sentralistik,
      sehingga kurikulum menjadi  lebih adaptif terhadap perkembangan
      ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  serta  kebutuhan  daerah  dan
      masyarakal setempat.


      A.  Kurikulum dan Permasalahannya
             Perbandingan  isi  dan  kandungan  kurikulum  antara  Indo-
      nesia  dengan  negara-negara  di  Asia  menunjukkan  gejala  yang
      menarik.  Dalam  kurikulum  setingkat  sekolah  lanjutan  tingkat
      pertama (SL TP), jumlah mala pelajaran di  Indonesia paling sedikil
      (10  mala  pelajaran),  dibandingkan  dengan  Korea  Selatan  (16
      mala  pelajaran),  Jepang  (11  mala pelajaran),  dan  Cina  (16  mala
      pelajaran).  Namun  demikian,  yang  menimbulkan banyak masalah





                                                              213
   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235