Page 231 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 231

S11rmdi.  !'engemhan,<.;o/1  K11rikllllllll  da11  Rohan Ajar .....


            bukanlah  jumlah  mala  pelajaran,  tetapi  cakupan  dan  kandungan
            materi ajar yang sara! beban dan terlalu terstruktur.
                   Permasalahan  kurikulum  yang  sara!  beban  dan  terlalu
            terstruktur  dapat  dilihat  dari  jumlah  jam  pelajaran  per  tahun.
            Jumlah  jam  pelajaran  SL TP  per  tahun  di  Indonesia  adalah  yang
            tertinggi,  yaitu  1.428  jam  per  tahun,  sedangkan  Korea  sebanyak
            1.126 jam, Jepang sebanyak 1.050 jam, dan Cina sebanyak 1.124
            jam.  Jumlah  jam  pelajaran  di  Indonesia yang  rata-rata  40%  lebih
            lama  dibandingkan  dengan  di  ketiga  negara  tetangga  tersebut
            merupakan  gambaran  dari  banyaknya  cakupan  materi  pelajaran
            (pokok  bahasan)  yang  harus  diberikan  kepada  siswa.  Jumlah
            pokok  bahasan  yang  amat  padat  ini  mengakibatkan  proses
            pembelajaran  kurang  menarik  dan  membosankan,  sehingga
            siswa  tidak  dapat  belajar  secara  maksimal  dan  proses  belajar
            tidak  menyenangkan.  Akibatnya,  rata-rata  prestasi  belajar
            (misalnya  IPA dan  Matematika)  para  siswa di  Indonesia terendah
            dibandingkan dengan ketiga negara tersebut.
                   Berdasarkan  pengamatan  selama  ini,  proses  belajar  di
            sekolah  lebih  ditandai  oleh  proses  mengajar  guru  melalui
            ceramah   dan   proses   belajar   siswa   melalui   menghafal.
            Pengawasan  terhadap  keberhasilan  mengajar  selama  ini  lebih
            didasarkan  pada  tingginya  'daya  serap'  dalam  pengertian  yang
            sangat  'sumir'.  Daya  serap  lebih  dipahami  oleh  para  pengawas
            sebagai  banyaknya  pokok  bahasan  yang  Ieiah  disampaikan
            kepada  murid-murid,  sehingga  guru  yang  dianggap  berhasil
            adalah  yang  lebih  banyak menyampaikan materi ajar dalam suatu
            kurun  waktu.  Dengan  demikian,  maka  banyaknya  jam  pelajaran
            per  tahun  merupakan  gambaran  dari  materi  pelajaran  yang  sara!
            beban dari setiap mala pelajaran.
                    Dilihat  dari  jumlah  dan  jenis  mala  pelajaran  dalam
            kurikulum  SLTP,  terdapat  kecenderungan  bahwa  orientasi
            pendidikan  di  Indonesia  lebih  menonjolkan  dimensi  'kepintaran'



            214
   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236