Page 235 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 235
.~urmdi. l'enpl'llthnngnll Kurikulttl/1 don Bahan AJar .. , ..
berkembang di negara maju bahwa if you want to learn something
succesfully. you simply do it. Lembaga penelitian pendidikan pada
Smithsonian Institute di Washington D.C., misalnya, tengah
mengembangkan pendekatan pembelajaran sains melalui doing
science daripada teaching science di sekolah-sekolah.
Contoh lain, pada Center for Civic Education California.
proses pembelajaran pendidikan demokrasi dilakukan melalui
domg democracy daripada teaching democracy dengan meng-
gunakan model pembelajaran berbasis portofolio (Portfolio Based
Instruction). Siswa diajak untuk mengenal dan memahami
permasalahan lingkungan, menganalisis faktor-faktor penyebab-
nya. memikirkan pemecahannya. serta mengusulkan program
aksinya. Setelah itu mereka dtminta untuk tampil dalam suatu
showcase (menyajikan hastl pemikiran) di hadapan juri dalam
suatu persaingan yang dilakukan secara bertahap mulai dari
kompetisi antarkelas, antarsekolah. antardistrik, sampai antar-
negara bagian. Showcase itu dtnilai oleh juri, yang terdiri dari para
pejabat atau tokoh kunci yang berkompeten sesuai dengan
permasalahan yang disoroti. Pemenang showcase adalah mereka
yang dapat menghasilkan gagasan realistis dan menyajikannya
secara sistematis. Reward dan kebanggaan diberikan kepada
pemenang sebagai motivator agar siswa dapat belajar lebih baik
lagi di kemudian hari.
B. Muatan Nasional, Muatan Propinsi, dan Muatan
Lokal
Dalam PP No. 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan
antara Pusat dan Daerah pasal 2 ayat (3) dan pasal 3 dijelaskan
mengenai kewenangan di bidang pendidikan. Berkaitan dengan
pengembangan kurikulum dan bahan ajar, pasal tersebut
menjelaskan mengenai kewenangan pusat, yaitu antara lain
218