Page 197 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 197

Cokrmmfo !'r111hdikn11 2



     society)  maka  pengetahuan  harus  menjadi  sesuatu  yang  dapat
     dikelola  dengan  baik  agar  dapat  digunakan  untuk  kemajuan
     individu,  organisasi,  dan  masyarakat  secara  keseluruhan.
     Menyimpan  pengetahuan  secara  baik  sehingga  dapat  dipanggil
     kembali  dengan  mudah  untuk  berbagai  keperluan  adalah  suatu
     hal  yang  menantang  dan  cukup  sulit  untuk  dilakukan.  Data  yang
     disimpan  dalam  jumlah  yang  besar  harus  dapat  diakses  setiap
     saat dengan cara yang cepat dan tepat.
            Prinsip  penyimpanan  informasi  tersebut  tidak  lain
     didasarkan  pada  pendekatan  sistem  sebagai  basic system  yaitu
     input,  proses dan output Proses penyimpanan itu dikenal sebagai
     sistem informasi yang  fungsinya tiada lain adalah
            " ... the  means  by  which  data  is  turned  first  into
            information  and then  into  knowledge.  It  also  means
            by  which  organizational  memory  is  achieved  and
            shared.  InformatiOn  management  and  information
            systems  do  not  rely  on  technology  Technology
            allows more to be done,  but it is  only a tool.  Indeed it
            is not even the most important and powerful tool that
            falls  to  the human mind and its ability to  be creative".
            (Wilson, 1997 15).
            Apa  yang  dapat  kita  petik  dari  pandangan  Wilson  (1997)
     tersebut  ialah  bahwa  walaupun  kehadiran  teknologi  untuk
     kepentingan  pendidikan  memberi  kemungkinan  yang  luas  pada
     pendidikan  namun  yang  paling  penting  dan  paling  besar
     peranannya  untuk  penyelenggaraan  dan  pengelolaan  pendidikan
     adalah  pemikiran  dan  kemampuan  manusia  untuk  lebih  kreatif.
     Agar  teknologi  dapat  menjadi  powerful  tool  untuk  pendidikan
     maka  hal  itu  amat  bergantung  pada  manusianya.  Penyiapan
     manusia  untuk  memanfaatkan  teknologi  secara  optimal  adalah
     persoalan  tersendiri  dari  pemanfaatan  teknologi  dalam  pendi-
     dikan.  Computer Assisted Instruction/Learning  (CAIIL),  misalnya,
     adalah  bukti  bahwa  komputer  hanya  sebagai  alat  untuk




                                                             181
   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202