Page 200 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 200
\\'olioh, (;/oholilllli l'tndidiknn.· 1noii.'IS ..
computer-based teaching and learning would
become the savior of education and the solution to
falling test scores. This has never really happened."
Walau demikian, inovasi-inovasi dalam bidang teknologi
komputer yang terakses ke Internet pada awal 90-an Ielah
membuka cakrawala baru di bidang pendidikan, khususnya yang
berkaitan dengan informasi yang diperlukan untuk siapa saja, di
mana saja, dan kapan saja. Internet yang hadir hampir dua
dekacle lalu clan Ielah memasuki sekolah kurang lebih lima belas
tahun yang lalu seharusnya Ielah membuka cakrawala baru.
Di lain pihak, apakah kehadiran Internet Ielah benar-
benar menyebabkan terjadinya perubahan yang besar di bidang
pendidikan? Jawaban terhadap hal itu dikemukakan juga oleh
Hardin dan Ziebarth (2000: 1) bahwa:
"Well not exactly. It did provide an opportunitY, to
expand learning options for teachers and students
who were fortunate enough to have Internet access,
a few computers, and appropriate guidance on
usage. Often this took place in only one classroom
and only one school within a system and did not
become systemic throughout the school".
Jadi sama halnya dengan komputer, kehadiran Internet
ternyata juga tidak segera merevolusionarisasi pendidikan. Apa
yang diharapkan dari komputer, seperti halnya teknologi
pendidikan lainnya, tidaklah terjadi secara luar biasa. Kehadiran
Internet atau komputer yang terakses ke Internet pun sama saja.
Namun demikian secara lambat laun kehadiran serta dampak
Internet terhadap pendidikan semakin dirasakan. Meskipun
demikian, dampak ini bergantung pada sampai seberapa jauh alai
tersebut memang disiapkan dan dimanfaatkan secara optimal
untuk kepentingan pendidikan.
Pengaruh teknologi Internet terhadap pendidikan atau
proses pendidikan dapat disaksikan dalam beberapa tahun
184