Page 200 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 200

\\'olioh,  (;/oholilllli  l'tndidiknn.·  1noii.'IS ..



                     computer-based  teaching  and  learning  would
                     become  the  savior of education  and the  solution  to
                     falling test scores.  This  has never really happened."
                     Walau  demikian,  inovasi-inovasi  dalam  bidang  teknologi
              komputer  yang  terakses  ke  Internet  pada  awal  90-an  Ielah
              membuka  cakrawala  baru  di  bidang  pendidikan,  khususnya  yang
              berkaitan  dengan  informasi  yang  diperlukan  untuk  siapa  saja,  di
              mana  saja,  dan  kapan  saja.  Internet  yang  hadir  hampir  dua
              dekacle  lalu  clan  Ielah  memasuki  sekolah  kurang  lebih  lima  belas
              tahun  yang  lalu seharusnya Ielah membuka cakrawala baru.
                     Di  lain  pihak,  apakah  kehadiran  Internet  Ielah   benar-
              benar  menyebabkan  terjadinya  perubahan  yang  besar  di  bidang
              pendidikan?  Jawaban  terhadap  hal  itu  dikemukakan  juga  oleh
              Hardin dan Ziebarth (2000: 1)  bahwa:
                     "Well  not  exactly.  It  did  provide  an  opportunitY,  to
                     expand  learning  options  for  teachers  and  students
                     who  were  fortunate  enough to  have Internet access,
                     a  few  computers,  and  appropriate  guidance  on
                     usage.  Often  this  took  place  in  only  one  classroom
                     and  only  one  school  within  a  system  and  did  not
                     become systemic throughout the school".
                     Jadi  sama  halnya  dengan  komputer,  kehadiran  Internet
              ternyata  juga  tidak  segera  merevolusionarisasi  pendidikan.  Apa
             yang  diharapkan  dari  komputer,  seperti  halnya  teknologi
             pendidikan  lainnya,  tidaklah  terjadi  secara  luar  biasa.  Kehadiran
              Internet atau  komputer  yang  terakses  ke  Internet  pun  sama  saja.
             Namun  demikian  secara  lambat  laun  kehadiran  serta  dampak
             Internet  terhadap  pendidikan  semakin  dirasakan.  Meskipun
             demikian, dampak ini  bergantung pada sampai seberapa jauh alai
             tersebut  memang  disiapkan  dan  dimanfaatkan  secara  optimal
             untuk kepentingan  pendidikan.
                     Pengaruh  teknologi  Internet  terhadap  pendidikan  atau
             proses  pendidikan  dapat  disaksikan  dalam  beberapa  tahun




             184
   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205