Page 199 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 199
( 'aArmmla l'l'lllfidikall 2
yang melakukan perhitungan, bukannya merujuk pada suatu alat
tertentu. Namun demikian hal itu telah berubah dengan drastis
sejalan dengan adanya perkembangan teknologi komputer yang
telah memberi peran yang penting dalam proses belajar mengajar
dengan bantuan komputer yang dikenal dengan istilah CAI/L
Perubahan peran komputer dalam pendidikan atau proses
pembelajaran berjalan terus.
Memang Rosenberg (2001) Ielah mempertanyakan
beberapa hal tentang keberadaan komputer dan bagaimana agar
alat tersebut dapat lebih d1manfaatkan untuk kepentingan
pendidikan atau pembelaJaran Dia mempertanyakan tentang •
computer-based training (CBT) yang Ielah dikenal selama kurang
lebih tiga puluh tahun Namun yang menJadi pertanyaan
selanjutnya adalah mengapa teknologi yang begitu sophisticated
belum mampu membenkan apa yang pada mulanya menjadi
tujuan utama pengembangan teknologi komputer?
ltu sebabnya Rosenberg (2001: xvi) melanjutkan pan-
dangannya dan mengatakan bahwa:
"As innovations go, many people consider technolo-
gy-based learning disappointing at best. A field of
great promise has had such a relatively minimal
impact. After thirty-plus years of experimentation
and trials. isn 'f it reasonable to expect more
progress? Are we destined to continue down a
mediocre path, or are we on the verge of real shift in
how we v1ew, build and deliver superior. highly cost-
effective learning and performance?"
Memang peran teknologi komputer, walaupun telah lama,
apalagi jika dikaitkan dengan Internet masih sulit untuk dipercayai
dalam hal harapan-harap;m yang dijanjikannya. Hal senada juga
dikemukakan oleh Hardin dan Ziebarth (20011), bahwa
"About two decades ago. when personal computers
started to become affordable, many thought that
computers would revolutionized education, that
183