Page 199 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 199

( 'aArmmla l'l'lllfidikall 2



    yang  melakukan  perhitungan,  bukannya  merujuk  pada  suatu  alat
    tertentu.  Namun  demikian  hal  itu  telah  berubah  dengan  drastis
    sejalan  dengan  adanya  perkembangan  teknologi  komputer  yang
    telah  memberi peran yang  penting dalam proses belajar mengajar
    dengan  bantuan  komputer  yang  dikenal  dengan  istilah  CAI/L
    Perubahan  peran  komputer  dalam  pendidikan  atau  proses
    pembelajaran berjalan terus.
            Memang  Rosenberg  (2001)  Ielah  mempertanyakan
    beberapa hal tentang  keberadaan  komputer dan  bagaimana agar
    alat  tersebut  dapat  lebih  d1manfaatkan  untuk  kepentingan
    pendidikan  atau  pembelaJaran  Dia  mempertanyakan  tentang •
    computer-based training (CBT) yang  Ielah dikenal selama  kurang
    lebih  tiga  puluh  tahun   Namun  yang  menJadi  pertanyaan
    selanjutnya  adalah  mengapa  teknologi  yang  begitu  sophisticated
    belum  mampu  membenkan  apa  yang  pada  mulanya  menjadi
    tujuan utama pengembangan teknologi komputer?
            ltu  sebabnya  Rosenberg  (2001:  xvi)  melanjutkan  pan-
    dangannya dan mengatakan bahwa:
            "As  innovations go,  many people  consider technolo-
            gy-based  learning  disappointing  at  best.  A  field  of
            great  promise  has  had  such  a  relatively  minimal
            impact.  After  thirty-plus  years  of  experimentation
            and  trials.  isn 'f  it  reasonable  to  expect  more
            progress?  Are  we  destined  to  continue  down  a
            mediocre path,  or are we  on  the  verge of real shift in
            how we  v1ew,  build and deliver superior.  highly cost-
            effective learning and performance?"
            Memang  peran  teknologi komputer,  walaupun telah  lama,
    apalagi jika dikaitkan dengan Internet masih  sulit untuk dipercayai
     dalam  hal  harapan-harap;m  yang  dijanjikannya.  Hal  senada juga
     dikemukakan oleh  Hardin dan Ziebarth (20011), bahwa
            "About  two  decades  ago.  when  personal computers
            started  to  become  affordable,  many  thought  that
            computers  would  revolutionized  education,  that



                                                             183
   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204