Page 201 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 201
Cokrmmla f'('ndulikon
terakhir ini seperti yang d1kemukakan oleh Cisco (2001 dalam
Hansiswany, 2001) sebagai berikut.
"lnovasi ini telah mengubah paradigma pendidikan
dari perolehan tingkat pengetahuan dan keterampil-
an yang konstan setelah selesai mengikuti pendidik-
an menjadi paradigma pengetahuan dan keterampil-
an yang selalu diperbaharui dalam waktu relatif
singkat. Masyarakat, perusahaan, atau negara-
negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan
dan kemampuan mengkreasi serta menyebarkan
pengetahuan secara efisien akan memperoleh
kesempatan pertama dalam hal keberhasllan
persaingan global yang tengah terjadi saat ini.
Ada beberapa hal pen ling dalam pandangan Cisco (2001)
yang harus dikaji secara mendalam dalam hubungannya dengan
pemanfaatan komputer untuk pendidikan. Pertama, untuk mem-
peroleh pengetahuan dan keterampilan yang secara umum
disebut informasi yang layak jual diperlukan dana yang tidak
sedikit dan kemampuan yang tinggi. Kedua, perlu d1lakukan
terobosan dalam sistem pendidikan, termasuk pemanfaatan
teknologi informasi dan komputer khususnya dalam pendidikan
agar dimiliki kemampuan mengkreasi serta menyebarkan
pengetahuan secara efisien dengan mengubah cara pemanfaatan
teknologi komputer yang terakses ke Internet selama ini dari
hanya sebagai pemakai menJadi pemasok.
Dampak kemajuan teknologi khususnya dalam teknologi
komputer menjadi lebih penting dan lebih terasa lagi terutama
dengan dikenalkannya e-Leaming. Penggunaan alat-alat!teknolo-
gi pendidikan yang telah dikenal selama ini (OHP, Slide. Kompu-
ter dan yang terakhir adalah LCD Projector, serta alat-alat
laboratorium dan med1a belajar lainnya) memang Ieiah lebih
meningkatkan kualitas belajar siswa bahkan di sisi lain memberi
kemudahan tersendiri baik bagi siswa maupun guru dalam
interaksi belajar mengajar di sekolah. Perubahan bidang teknologi
185