Page 201 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 201

Cokrmmla  f'('ndulikon



    terakhir  ini  seperti  yang  d1kemukakan  oleh  Cisco  (2001  dalam
    Hansiswany, 2001) sebagai berikut.
           "lnovasi  ini  telah  mengubah  paradigma  pendidikan
           dari perolehan  tingkat pengetahuan dan  keterampil-
           an yang konstan setelah selesai mengikuti pendidik-
           an menjadi paradigma pengetahuan dan  keterampil-
           an  yang  selalu  diperbaharui  dalam  waktu  relatif
           singkat.  Masyarakat,  perusahaan,  atau  negara-
           negara  yang  memiliki  pengetahuan,  keterampilan
           dan  kemampuan  mengkreasi  serta  menyebarkan
           pengetahuan  secara  efisien  akan  memperoleh
           kesempatan  pertama  dalam  hal  keberhasllan
           persaingan global yang tengah terjadi saat ini.
           Ada  beberapa hal pen ling dalam pandangan Cisco (2001)
    yang  harus  dikaji  secara  mendalam  dalam  hubungannya  dengan
    pemanfaatan  komputer  untuk  pendidikan.  Pertama,  untuk  mem-
    peroleh  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  secara  umum
    disebut  informasi  yang  layak  jual  diperlukan  dana  yang  tidak
    sedikit  dan  kemampuan  yang  tinggi.  Kedua,  perlu  d1lakukan
    terobosan  dalam  sistem  pendidikan,  termasuk  pemanfaatan
    teknologi  informasi  dan  komputer  khususnya  dalam  pendidikan
    agar  dimiliki  kemampuan  mengkreasi  serta  menyebarkan
    pengetahuan secara efisien dengan mengubah cara pemanfaatan
    teknologi  komputer  yang  terakses  ke  Internet  selama  ini  dari
    hanya sebagai pemakai menJadi  pemasok.
           Dampak  kemajuan  teknologi  khususnya  dalam  teknologi
    komputer  menjadi  lebih  penting  dan  lebih  terasa  lagi  terutama
    dengan  dikenalkannya  e-Leaming.  Penggunaan  alat-alat!teknolo-
    gi  pendidikan  yang  telah dikenal selama ini  (OHP,  Slide.  Kompu-
    ter  dan  yang  terakhir  adalah  LCD  Projector,  serta  alat-alat
    laboratorium  dan  med1a  belajar  lainnya)  memang  Ieiah  lebih
    meningkatkan  kualitas  belajar  siswa  bahkan  di  sisi  lain  memberi
    kemudahan  tersendiri  baik  bagi  siswa  maupun  guru  dalam
    interaksi belajar mengajar di sekolah.  Perubahan bidang teknologi


                                                            185
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206