Page 203 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 203

(·okf 11\i o/a  /'endliflkOII  2



            "Over  the  past  two       many  teachers  have
            successfully  prepared  students  some  with  compu-
            ters  m  the  classroom  and some  without  Teachers
            could  avo1d  computers.  e1ther  chose  not  to  learn
            how to  usP  them  or because they  had none  in  thetr
            classroom  or school  to  use.  Teachers  entering  the
            profess1on  have  not  been  reqwred  to  understand
            computattonal  technology  m  order to  graduate  from
            college."
            Apa  yang  digambarkan  oleh  Hardm  dan  Ziebarth  (2000)
     adalah  keadaan  yang juga terJadl  di  sekolah-sekolah di  lndonesta.
     Ada  sekolah  tertentu  yang  telah  memil1ki  komputer  tetapi  masih
     banyak  sekolah  yang  t1dak  mampu  mengaclakan  sebuah
     komputer  pun.  Keadaan  1tu  cl1perparah  dengan  ketidakmauan
     atau  ketidaks1apan  guru  untuk  mengoperas1kan  komputer  untuk
     kepent1ngan  pend1d1kan  Dalam  keadaan  seperti  itu  jangankan
     untuk  mengaskses  berbaga1  s1tus  informas1  melalui  Internet,
     mengoperas1kan  komputer  pun  ticlak  mampu  atau  bahkan  sudah
     lobi terhadap komputer dan  teknolog1  pend1dikan  lainnya.
            Untuk  mengatas1  s1tuasi  sepert1  itulah  melalui  koordinasi
     dan  bantuan  d1nas  penclidikan  kabupaten  dan  kecamatan  perlu
     d1sed1akan  anggaran untuk pemanfaatan teknologi komputer yang
     terakses  ke  Internet  bag1  pelaksanaan  pendidikan  yang  leb1h
     massal  dan  berkualitas.  Tentu  saJa  selain  perangkat  komputer
     yang  memiliki  provider  untuk  dapat  mengakses  berbagai  situs
     1nformasi  ke  Internet  juga  d1butuhkan  para  operator  komputer
     profes1onRI  yang  hRrus  diSiopkan  clengan  baik.  Tanpa  prosedur
     dan  persyaratan  sepert1  1tu  sul1t  k1ranya  untuk  mengharapkan
     ter]ad1nya  cJampak  pos1tif  bagi  pencl,clikan  clan  pembelajaran,
     khususnya clengan  memanfaatkan teknologi komputer.  Kerjasama
     antar  sekolah  untuk  memanfaatkan  teknologi  komputer  yang
     terakses  ke  Internet  secara  bersama  (resource  sharing)  untuk
     pendidikan  sangat  dimungk1nkan,  karena  e-fearning  merupakan




                                                             187
   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208