Page 202 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 202
komputer yCJ.ng memiliki kemampuan akses ke Internet telah
mnmungk1nkan sumber-sumber belajar menjadi lebih luas dan
tmbuka.
D. Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk
Pendidikan dalam Kerangka Otonomi Daerah
WCJ.ICJ.upun terdapat berbagai pandangan tentang peran
ciCJ.n c!CJ.mpak yang ditimbulkan oleh teknologi komputer namun
sCJ.rnpal clewasa in1 peran yang ditunjukkan oleh komputer dalam
kehidurCJ.n masyarakat Indonesia memang semakin nyata.
DPngCJ.n semak1n meratanya aliran listrik dan telekomunikasi
tnlopon yCJ.ng teiCJ.h menjangkau sebagian besar wilayah
lncionesla, semakin ortimal kemungkinan pemanfaatan teknologi
kornputer bagi pendicJikan. Terwujudnya hal itu semakin jelas
k;:m;na fCJ.siii!CJ.s cJasar yang dibutuhkan dalam e-learning adalah
sernrangkat komputer yang mempunyai akses ke Internet. Tanpa
CJ.dCJ.ny<J fasiii!CJ.s ini tirlCJ.k akan terjadi e-learning (Hansiswany,
?001)
P.JJ. mlsCJ.InyCJ., yang telah menggunakan radio dan televisi
smtCJ. perangkat mociul akan dapat leb1h memperkaya
pemhelaJCJ.rCJ.n jarak jauh yAng sudah ada ciengan menyediakan
perRn~Jkat komputer dan Internet provider bagi para mahasiswa.
Hal yang sCJ.ma JUga dapat berlaku bagi daerah-daerah kabupaten
cinn kola. J1ka prasarana pendukung (saluran listrik dan telepon)
memang Ieiah tersecJia secara meluas maka besar kemungkinan
sr;kolah yang belum memiliki satu komputer untuk setiap sekolah
untuk mengakses Internet dapat melakukan sharing dengan
sm:Rrrl hersrJmCJ.-srJmA memCJ.nfaatkan sebuah komputer yang
terakses ke Internet. Hal ini akan bermanfaat untuk diterapkan
kCJ.rena seperti yang cJikemukakan oleh Hardin dan Ziebarth
(2000: 1) bahwa:
186