Page 196 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 196
\\'allah. (1/n/Jail 'Ill! l'clldulikrm: A11a/isis ....
memperoleh kesempatan untuk dapat mengakses informasi yang
begitu banyak dan begitu luas serta amat bervariasi itu; (2)
kemampuan-kemampuan apa saja yang harus dimiliki peserta
diClik ataupun warga belajar agar mampu mengakses dan memilih
secara cepat dan tepa! dari sekian banyak informasi itu; dan (3)
bagaimana peserta did1k ataupun warga belajar mengolah dan
memanfaatkan informasi tersebut karena adanya teknologi tidak
secara serta-merta meningkatkan kemampuan peserta didik untuk
dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhannya.
Menghadapi situasi seperti ini, sebagai dampak dari
globalisasi, maka perlu d1tekankan bahwa belajar semakin
penting. Di dalam belajar yang semakin penting 1tu manajemen
pembelajaran juga semakin penting. Penggunaan teknologi
informasi dalam manajemen pendidikan yang diharapkan akan
semakin memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih
menekankan pada belajar menjadi sebuah kebutuhan yang
menyenangkan. Tuntutan demokratisasi pendidikan sebagai
dampak globalisasi menyebabkan perubahan yang besar dalam
pengelolaan pendidikan dan pola pembelajaran, terutama jika hal
itu dihubungkan dengan konsep pengelolaan berbasis sekolah.
Manajemen pendidikan yang selama ini amat sentralistik dan
cenderung indoktrinatif dituntut untuk berubah ke arah yang lebih
demokratis. Hal ini sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman
untuk lebih memberdayakan peserta didik agar dapat menguasai
kompetensi yang dibutuhkan sehingga mampu memecahkan
berbagai masalah yang dihadapi serta dapat membantu
meningkatkan kesejahteraan masyarakat lingkungannya.
Kesemua itu pada akhirnya akan ditentukan oleh apa
yang selama ini Ieiah dikenal sebagai Pengelolaan Sistem
lnformasi (System Information Management). Untuk mencapai
masyarakat berpengetahuan sebagai hasil dari konsep yang
selama ini Ieiah dikenal sebagai masyarakat belajar (learning
180