Page 191 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 191
rakrmmla l'rndidikan 2
Globalisasi sebagai bagian dari perubahan tidak dapat
ditahan akan tetapi harus dihadapi. Manusia harus menyesuaikan
diri dengan globalisasi sambil mengarahkan dan mengendalikan-
nya dengan cara meningkatkan kemampuan yang diperlukan oleh
sebuah perubahan besar seperti globalisasi tersebut. Serangan
mendadak yang cepat dan tidak mengenal kompromi itu selain
menghadapkan kita pada arus inlormasi yang begitu besar dan
cepat (sebagai dampak dar1 kemajuan sains dan teknologi) juga
menuntut manus1a untuk menanggapinya melalui belajar dengan
cepat pula. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Rose dan
Nicholl (1997. h. 1) bahwa: 'To master accelerated change
requires accelerated learning. The ability to absorb and
understand new information quickly and retain that information."
Kalau Rose dan Nicholl memakai ist1lah 'accelerated learning'
maka istilah yang d1gunakan Potter dan Hernacki (1992) untuk hal
yang sama adalah 'Quantum Learning'. Menurut Potter dan
Hernacki itu jika prinsip-prinsip belajar 'Quantum Learning'
dilakukan dengan baik maka beberapa keuntungan penting dalam
beradaptasi yang dapat diperoleh diantaranya adalah: (1) Positive
Attitude, (2) Motivation, (3) Lifelong learning skills, (4) Confidence,
dan (5) Success. Keuntungan-keuntungan tersebut merupakan
bagian dari sikap yang dapat dikembangkan melalui quantum
learning yang amat diperlukan dalam menghadapi dampak yang
ditimbulkan oleh arus globalisasi tersebut.
Globalisasi, era inlormasi, dan berbagai krisis ditambah
dengan tuntutan desentralisasi daerah Ieiah melengkapi
tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Agar dapat
mengatasi dampak dari dan keluar dari krisis itu kita harus: (1)
melakukan perubahan-perubahan mendasar baik secara individu
maupun institusi, terutama institusi pendidikan; (2) melakukan
perubahan dalam manajemen pendidikan; dan (3) menetapkan
cara yang tepa! dalam merespon perubahan yang diakibatkan
175