Page 191 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 191

rakrmmla l'rndidikan 2



            Globalisasi  sebagai  bagian  dari  perubahan  tidak  dapat
    ditahan  akan  tetapi  harus dihadapi.  Manusia harus menyesuaikan
    diri  dengan  globalisasi  sambil  mengarahkan  dan  mengendalikan-
    nya dengan cara meningkatkan kemampuan  yang diperlukan oleh
    sebuah  perubahan  besar  seperti  globalisasi  tersebut.  Serangan
    mendadak  yang  cepat  dan  tidak  mengenal  kompromi  itu  selain
    menghadapkan  kita  pada  arus  inlormasi  yang  begitu  besar  dan
    cepat  (sebagai  dampak  dar1  kemajuan  sains  dan  teknologi)  juga
    menuntut manus1a  untuk menanggapinya melalui  belajar dengan
    cepat  pula.  Hal  ini  sejalan  dengan  yang  dikatakan oleh  Rose  dan
    Nicholl  (1997.  h. 1)  bahwa:  'To  master  accelerated  change
    requires  accelerated  learning.  The  ability  to  absorb  and
    understand  new  information  quickly  and  retain  that  information."
    Kalau  Rose  dan  Nicholl  memakai  ist1lah  'accelerated  learning'
    maka istilah  yang d1gunakan  Potter dan Hernacki (1992)  untuk hal
    yang  sama  adalah  'Quantum  Learning'.  Menurut  Potter  dan
    Hernacki  itu  jika  prinsip-prinsip  belajar  'Quantum  Learning'
    dilakukan dengan baik maka beberapa keuntungan penting dalam
    beradaptasi yang  dapat diperoleh diantaranya adalah:  (1)  Positive
    Attitude, (2)  Motivation,  (3)  Lifelong learning skills,  (4)  Confidence,
    dan  (5)  Success.  Keuntungan-keuntungan  tersebut  merupakan
    bagian  dari  sikap  yang  dapat  dikembangkan  melalui  quantum
    learning  yang  amat  diperlukan  dalam  menghadapi  dampak  yang
    ditimbulkan oleh  arus globalisasi tersebut.
           Globalisasi,  era  inlormasi,  dan  berbagai  krisis  ditambah
    dengan   tuntutan   desentralisasi   daerah   Ieiah   melengkapi
    tantangan  yang  dihadapi  oleh  bangsa  Indonesia.  Agar  dapat
    mengatasi  dampak  dari  dan  keluar  dari  krisis  itu  kita  harus:  (1)
    melakukan  perubahan-perubahan  mendasar  baik  secara  individu
    maupun  institusi,  terutama  institusi  pendidikan;  (2)  melakukan
    perubahan  dalam  manajemen  pendidikan;  dan  (3)  menetapkan
    cara  yang  tepa!  dalam  merespon  perubahan  yang  diakibatkan



                                                            175
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196