Page 186 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 186

St'/11111" 011.  (;/ol•ahlali  !'nrdirl!i.mt.·  Mow!rrlt  .



              Indonesia.  terkait  dengan  dampak  luar  biasa  dari  apa  yang
              cl1sebut  sebagai  mass  higher education.  Signifikansi  khusus  dari
              produksi  dan  distribusi  pengetahuan  yang  berkenaan  dengan
              pasaran  continuing  education,  yang  dilandasi  oleh  masyarakat
              belaJar  (learning  society)  dan  yang  menganut  prinsip  belajar
              sepanjang  hayat,  menuntut  disiapkannya  berbagai  latihan
              keterampilan dan  latihan  ulang, di berbagai bidang.  Disamping itu
              clituntut  Juga  keprigelan  (dexterity)  dalam  mengakses  pendidikan
              formal  yang  biasa berlaku  untuk pengembangan  ilmu  (Semiawan,
              1999). Sekali lagi  vehicle untuk itu adalah  ICT.
                      Berkaitan  dengan  peningkatan  akses  terhadap  pendidik-
              an  tinggi  sejalan  dengan  peningkatan  populasi  sasaran  yang
              berasal  dari  segmen  yang  berbeda  maka  secara  tidak  langsung
              akan  menyebabkan  peningkatan  mutu  kehidupan  dari  keluarga,
              meskipun  tentu  tidak  dapat dengan  serta  merta menyebut dirinya
              masyarakat terpelajar.  Kesiapan  belajar masyarakat banyak  akan
              meningkatkan  kemampuan  para  pekerja  dalam  memberi  respon
              yang  sesuai  terhadap  perubahan  teknologi  yang  cepat  dan
              menjadi  bahan  masukan  yang  berharga  bagi  pasar  yang  sangat
              kompetitif (Semiawan,  1999).
                     Modus  kerja   baru  yang   terkait  dengan  produksi
              pengetahuan  baru  menuntut  agar  batas  antar  berbagai  bidang
              disiplin  menjadi  lebih  fleksibel,  tidak  lagi  terlalu  ketal  (Nowotny,
              1996).  Artinya,  kemampuan  untuk  beradaptasi  terhadap  situasi
              baru   terkait   erat   dengan   keterlatihan   seseorang  dalam
              menghadapi  berbagai  disiplin  yang  berbeda  dan  dalam
              menggunakan  kemampuan  berpikir  tinggi  dengan  menempatkan
              komponen  identik dari  situasi  lama ke  dalam  situasi  baru.  lni juga
              berarti  peningkatan  keterampilan  dan  sikap  untuk  dapat  bersifat
              terbuka  dalam  menerima  pengetahuan  baru  serta  mampu
              menyesuaikan diri terhadap tantangan situasi yang terus-menerus
              berubah.



              170
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191