Page 182 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 182
Si'IIII0\1'(111, (;/ohoill(lli f'l'ndirliknn: ;\lwnlnh .. .
arrival) dalam mewujudkan perubahan untuk mencapai kinerja
yang lebih tinggi.
Dengan adanya kesenjangan dari dampak kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam kehidupan sosial
rakyat, yang dapat dirasakan bahkan sampai kehidupan di desa,
maka dapat dikatakan bahwa globalisasi memunculkan tuntutan
baru bagi kehidupan berbangsa. Pengembangan IPTEK dan
sumber daya manusia (SDM) harus dibarengi penyadaran
masyarakat. Hal ini diperlukan untuk penyesuaian sikap dan
adaptasi atribut kehidupan. Pada gilirannya hal ini mengisyarat-
kan bahwa proses globalisasi memerlukan penanganan khusus
(Semiawan, 1997) untuk dapat diintegrasikan dalam kebudayaan
berbangsa.
Semuanya ini terjadi kala tatanan masyarakat yang
tacJinya ditandai oleh pembatasan fisik wilayah berubah menjadi
tatanan komunitas global yang terjadi seiring dengan terjadinya
revolusi di bidang ICT. ICT kini telah menjadi bagian dari kehidu-
pan bisnis, industri, maupun pendidikan. Perkembangan ini yang
menjadikan berbagai perubahan di pasar kerja yang menuntut
SDM, terutama yang bersumber dari PT, agar secara intensif
dapat berinteraksi dengan berbagai pihak di luar PT itu sendiri.
B. Peran dan manfaat ICT dalam pendidikan
Di berbagai lembaga, terutama PT, ICT sudah menjadi
trend. Artinya, ICT banyak dimanfaatkan untuk mempercepat
derasnya arus informasi. Bahkan berbagai informasi itu saling
mendahului dalam upaya pemanfaatan yang berkaitan dengan
sumber daya dan tujuan lembaga.
Namun yang perlu dipersoalkan adalah sampai dimana
dan bagaimana ICT dimanfaatkan. Apabila ICT hanya dipakai
untuk penerusan informasi maka dapat dikatakan ICT sebenarnya
166