Page 182 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 182

Si'IIII0\1'(111,  (;/ohoill(lli  f'l'ndirliknn:  ;\lwnlnh .. .



              arrival)  dalam  mewujudkan  perubahan  untuk  mencapai  kinerja
              yang lebih tinggi.
                     Dengan  adanya  kesenjangan  dari  dampak kemajuan  ilmu
              pengetahuan  dan  teknologi  (IPTEK)  dalam  kehidupan  sosial
              rakyat,  yang  dapat  dirasakan  bahkan  sampai  kehidupan  di  desa,
              maka  dapat  dikatakan  bahwa  globalisasi  memunculkan  tuntutan
              baru  bagi  kehidupan  berbangsa.  Pengembangan  IPTEK  dan
              sumber  daya  manusia  (SDM)  harus  dibarengi  penyadaran
              masyarakat.  Hal  ini  diperlukan  untuk  penyesuaian  sikap  dan
              adaptasi  atribut  kehidupan.  Pada  gilirannya  hal  ini  mengisyarat-
              kan  bahwa  proses  globalisasi  memerlukan  penanganan  khusus
              (Semiawan,  1997)  untuk  dapat  diintegrasikan  dalam  kebudayaan
              berbangsa.
                     Semuanya  ini  terjadi  kala  tatanan  masyarakat  yang
              tacJinya  ditandai  oleh  pembatasan  fisik  wilayah  berubah  menjadi
              tatanan  komunitas  global  yang  terjadi  seiring  dengan  terjadinya
              revolusi  di  bidang  ICT.  ICT  kini  telah  menjadi  bagian  dari  kehidu-
              pan  bisnis,  industri,  maupun  pendidikan.  Perkembangan  ini  yang
              menjadikan  berbagai  perubahan  di  pasar  kerja  yang  menuntut
              SDM,  terutama  yang  bersumber  dari  PT,  agar  secara  intensif
              dapat berinteraksi dengan berbagai pihak di luar PT  itu sendiri.

              B.  Peran dan manfaat ICT dalam pendidikan

                     Di  berbagai  lembaga,  terutama  PT,  ICT  sudah  menjadi
              trend.  Artinya,  ICT  banyak  dimanfaatkan  untuk  mempercepat
              derasnya  arus  informasi.  Bahkan  berbagai  informasi  itu  saling
              mendahului  dalam  upaya  pemanfaatan  yang  berkaitan  dengan
              sumber daya dan tujuan  lembaga.
                     Namun  yang  perlu  dipersoalkan  adalah  sampai  dimana
              dan  bagaimana  ICT  dimanfaatkan.  Apabila  ICT  hanya  dipakai
              untuk penerusan informasi maka dapat dikatakan  ICT sebenarnya




              166
   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187