Page 184 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 184
Scmimmn. !r/olm!isast ['('lldidikrm: Maw/nil ....
SL T A yang tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi 814.300. ltu
belum termasuk yang DO di SD. SL TP, dan SL T A sebanyak
960.700 anak, sedangkan di tingkat SL TP/MTs mencapai 377.600
anak (Kompas, 20 Juli 2002).
Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa penyebab
tingginya angka putus sekolah atau tidak melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi itu terutama akibat ketidakmampuan
orangtua untuk menyekolahkan anak, jarak antara rumah dengan
sekolah terlalu jauh, dan anak tak mampu belajar di sekolah
reguler karena ia harus mencari nafkah bagi keluarga (Kompas,
20 Juli 2002). Penelitian yang sama menilai bahwa sekolah
terbuka dengan bentuk PJJ dinilai lebih strategis dan lebih
fleksibel mengatasi kendala yang dihadapi. Hal ini berlaku bagi
semua jenjang sekolah. Di Filipina, bentuk PJJ dengan media ini
bukan saja ada di perkotaan tetapi sudah masuk dalam
kehidupan pedesaan (Seam eo, 2001 ).
Pemanfaatan ICT sebagai media belajar merupakan
salah satu alternatif yang diasumsikan akan secara efektif dan
efisien meningkatkan mutu pendidikan bangsa Indonesia. terlepas
dari berbagai keterbatasannya. ICT juga sangat signifikan sebagai
vehicle untuk meningkatkan percepatan berbagai inovasi.
Lembaga yang kini paling diharapkan untuk penemuan ilmu
pengetahuan adalah PT. Di berbagai PT dan universitas, program
studi telah menghasilkan sarana yang fleksibel bagi
pengembangan riset dan pengembangan pembelajaran yang
berkualitas. Yang masih perlu ditingkatkan adalah mekanisme
koordinasi proses pembelajaran, riset, dan tuntutan layanan baru
pada tingkat PT.
Sementara itu, struktur organisasi juga sangat berperan
dalam transfer riset ilmiah dasar melalui ICT dalam berbagai
bidang inter-disipliner, misalnya dalam bidang bioteknologi.
Demikian juga pada jaringan lokal bisnis seperti berbagai latihan
168