Page 185 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 185
Cnkrmmln l'e11didlkon 2
keterampilan yang juga dapat mempengaruhi struktur organisasi
PT. lsu dalam struktur organisas1 mengandalkan norma
kolaboratif antar PT. keterkaitan komunikasi horisontal, dan
bentuk struktur berbagai projek yang bersifat sementara
(Semiawan, 1999)
Norma kolaboratif pada gihrannya menuntut pembelajaran
tentang perspektif global yang tidak hanya menunjuk pada segi
universal yang menjadi kesamaan aspek kebudayaan dan sifat
manusia, melainkan juga mengidentifikasi perbedaan kebudayaan
serta perbedaan perilaku dan pikiran, pemahaman cross cultural,
serta sampai di mana identifikasi dan penyesuaian kelompok
tertentu terhadap tala cara hidup itu. Open mindedness, antisipasi
terhadap kompleksitas, dan apresiasi terhadap perilaku dan
pikiran orang lain adalah esensial dalam pengembangan
perspektif global (Semiawan, 1999). ICT dalam hal ini
mengakselerasikan komunikasi tersebut. Di samping itu, dalam
pembelajaran perspektif global perlu d1bahas topik-topik
manajemen konflik, interconnectedness antara masyarakat dan
antar manusia individu, keadilan sosial yang dilandasi oleh
pengenalan diri dan pengalaman cross-cultural (belajar dari
interaksi dengan suku bangsa lain), serta keterampil-an cross-
cultural (mendengarkan, berkomunikasi, kerja sama, mengatasi
konflik).
Pembelajaran dilakukan melalui berbagai kejadian nyata
mekanisme sistem global dan beranjak dari keragaman
manusiawi (human diversity) yang hidup dalam satu planet yang
saling peduli. ICT adalah vehicle dalam menjadikan PT sebagai
lembaga yang memiliki kemampuan menangani isu kemanusiaan
ini, apalagi bila ingin mendorong warga mengembangkan the
spirit of innovation melalui teknologi tinggi seperti ICT.
Metamorfosa yang akan harus dialami oleh PT pada
umumnya, negara berkembang pada khususnya, dan terutama di
169