Page 181 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 181

f'nl.:rnwnln  Pmdidikm1 2



    dan  menjadi  cepat  kaya.  Sayangnya  sering  kali  hal  ini  dilakukan
    dengan  mengorbankan  nilai-nilai  etis,  berpikir  kritis,  dan
    manusiawi.  Adakalanya  upaya  ini  bahkan dibarengi dengan  sikap
    tidak  peduli  terhadap  pengembangan  ilmu  dan  berpikir  kreatif
    untuk memajukan ilmu dan mensejahterakan bangsa.
           Dalam  kaitan  tersebut,  ternyata  sejak  abad  ke  20,  dan
    lebih-lebih  dalam  abad  ke  21  dan  ke  22,  hubungan  antara
    pendidikan  dan  ekonomi  telah  terbukti  makin  signifikan.
    Hubungan  tersebut  bukan  saja  dalam  menambah  pengetahuan
    dan  inovasi  tetapi  juga  dalam  meningkatkan  kesejahteraan
    bangsa  karena  pendidikan  adalah  modal  yang  membawa
    keuntungan  dan  kebaikan  bagi  individu  maupun  masyarakat
    (Pandey, 2001 ).
           Era  respiritualisasi  mengisyaratkan  suatu  intellectual
    mindshift  yang  menuntut  sektor  pendidikan.  terutama  PT,  untuk
    memiliki  pandangan  pendidikan  yang  lebih  bersifat  agent  of
    change  yang  menumbuhkembangkan  kreativitas.  produktivitas,
    dan  prakarsa.  Nilai-nilai  baru  dalam  pendidikan  itu  harus  lebih
    berwibawa  sehingga  mampu  mengembangkan  dan  mendukung
    kehidupan  masyarakat  dalam  co-creating  new  values  dalam
    masyarakat.  Untuk  mencapai  kriteria  tersebut  dan  dalam  rangka
    dinamika  globalisasi  maka  sektor  pendidikan  seharusnya  lebih
    intensif  dalam  mengupayakan  suatu  reformasi.  Era  reformasi  ini
    Ieiah menuntut desentralisasi pendidikan yang selama ini diwarnai
    oleh ciri sentralisasi.
           Mindshift  ini  merupakan  kesadaran  intelektual  yang
    menjadi  titik  awal  {point  of  departure)  dari  upaya  reformasi.
    Meskipun  demikian  ada  baiknya,  khususnya  dalam  konteks
    pendidikan,  jika  kita  juga  meninjau  kembali  apa  yang  melandasi
    era  reformasi  ini  sehingga jelas  apa  yang  akan  menjadi  landasan
    kebijakan  tersebut.  Selain  itu  hal  ini  juga  menjadikan  perjalanan
    yang  harus  ditempuh  lebih  terfokus  menuju  titik  tiba  {point  of


                                                            165
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186