Page 180 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 180

S'cmimmn,  (;/o/){1/i>mi  l'clllfldikan: Masa/a/1. ...


              A.  Oampak Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan
                  di  Indonesia

                      Dari  sudut  perspektif  teoritis,  pemenuhan  kebutuhan
              pembangunan pada  umumnya banyak terkait dengan pemenuhan
              tuntutan  teknologi  dan  tuntutan  peningkatan  tingkat  keterampilan
              profesional.  Hal  ini  pada  gilirannya  menuntut  peningkatan
              pendidikan  profesional,  terutama di  tingkat  perguruan  tinggi  {PT).
              Dengan  demikian  dapat  dikatakan  bahwa  globalisasi  teknologi,
              industri  dan  ekonomi  memiliki  saling  ketergantungan  dengan
              dinamisme internal proses pendidikan di  Indonesia.
                      Sementara  itu,  penyebaran  yang  cepat  dari  arus
              globalisasi  bisa  mengakibatkan  mala  rantai  hubung-singkat  atau
              korslit {  kortsluit  short-circuited, Horvath & Mihaly,  1989). Artinya,
              penyebaran  cepat  (jalan  pintas)  dari proses  globalisasi  dilakukan
              tanpa  memperhatikan  kehidupan  sosial  yang  memadai  sehingga
              akan  lebih  banyak  berdampak  negatif  dalam  kehidupan  sehari-
              hari.
                     Masalah  globalisasi  ini  secara  ekstensif  maupun  intensif
              menyangkut  masalah  kemanusiaan,  baik  secara  langsung
              ataupun  tidak  langsung.  Hal  ini  terkait  pula  dengan  kenyataan
              bahwa  dalam  transisi  dari  masyarakat  tradisional  ke  masyarakat
              modern  kita  secara  bersamaan  mengalami  empat  peradaban,
              yaitu  peradaban  era  agraris,  era  industri,  era  informasi,  dan  era
              respiritualisasi  (Maynard,  1994).  Padahal,  belum  semua  masya-
              rakat Ieiah memiliki sifat dan  atribut  yang dituntut oleh peradaban
              yang  mereka  hidupi.  Ada  sebagian  rakyat  yang  belum  mencapai
              era industri ataupun era informasi, apalagi era respiritualisasi.
                     Berbagai  nilai  kerja  dalam  era  industri,  seperti  nilai
              ekonomi masih  kental  melekat dalam kehidupan  masyarakat  kita.
              Banyak  orang  tua  menuntut  anak-anaknya  untuk  memperoleh
              peringkat  di  sekolahnya  agar pintar,  terutama  pintar mencari  duit




              164
   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185