Page 180 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 180
S'cmimmn, (;/o/){1/i>mi l'clllfldikan: Masa/a/1. ...
A. Oampak Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan
di Indonesia
Dari sudut perspektif teoritis, pemenuhan kebutuhan
pembangunan pada umumnya banyak terkait dengan pemenuhan
tuntutan teknologi dan tuntutan peningkatan tingkat keterampilan
profesional. Hal ini pada gilirannya menuntut peningkatan
pendidikan profesional, terutama di tingkat perguruan tinggi {PT).
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa globalisasi teknologi,
industri dan ekonomi memiliki saling ketergantungan dengan
dinamisme internal proses pendidikan di Indonesia.
Sementara itu, penyebaran yang cepat dari arus
globalisasi bisa mengakibatkan mala rantai hubung-singkat atau
korslit { kortsluit short-circuited, Horvath & Mihaly, 1989). Artinya,
penyebaran cepat (jalan pintas) dari proses globalisasi dilakukan
tanpa memperhatikan kehidupan sosial yang memadai sehingga
akan lebih banyak berdampak negatif dalam kehidupan sehari-
hari.
Masalah globalisasi ini secara ekstensif maupun intensif
menyangkut masalah kemanusiaan, baik secara langsung
ataupun tidak langsung. Hal ini terkait pula dengan kenyataan
bahwa dalam transisi dari masyarakat tradisional ke masyarakat
modern kita secara bersamaan mengalami empat peradaban,
yaitu peradaban era agraris, era industri, era informasi, dan era
respiritualisasi (Maynard, 1994). Padahal, belum semua masya-
rakat Ieiah memiliki sifat dan atribut yang dituntut oleh peradaban
yang mereka hidupi. Ada sebagian rakyat yang belum mencapai
era industri ataupun era informasi, apalagi era respiritualisasi.
Berbagai nilai kerja dalam era industri, seperti nilai
ekonomi masih kental melekat dalam kehidupan masyarakat kita.
Banyak orang tua menuntut anak-anaknya untuk memperoleh
peringkat di sekolahnya agar pintar, terutama pintar mencari duit
164