Page 187 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 187

Cokrmmln  !'l'ndid1knn  2


           Fakta  bahwa  PT  terorganisasi  dalam  dimensi  pengeta-
    huan tertentu dan terspesialisasi  memperlihatkan paradoks dalam
    pengembangan  ilmu.  Dalam  menghadapi  isu  ini,  PT  diharapkan
    dapat menugaskan berbagai  disiplin  untuk bekerja dalam satu  tim
    untuk  mengatasi  masalah  dalam  lingkungan  yang  menuntut
    aplikasi kompleks dalam  pengembangan ilmu tertentu.  Contohnya
    adalah  dalam  mengatasi  masalah  pendidikan  anak  usia  sekolah
    di  daerah  konflik  etnis  atau  d1  daerah  yang  menghadapi  banjir,
    dimana  murid  terpaksa  absen  berbulan-bulan  lamanya  dari
    sekolah.
           lmplikasi  dan  situasi  kompleks  ini  menuntut  dimilikinya
    berbagai  kecakapan  dan  keterampilan  mental.  Berbeda  dari
    pengembangan  ilmu  lainnya,  maka  dalam  membangun  ilmu  yang
    bersifat  transdisipliner  tindakan  yang  sifatnya  empiris  ini  terus
    menerus  menuntut  d1seminasi  dalam  proses  pengembangannya
    (Gibbons,  1996).  Masifikasi  yang  berlanjut  dari  PT  sebagai
    lembaga  yang  mendidik  dan  mengajar,  menuntut  lembaga
    tersebut  untuk  meningkatkan  dirinya  agar  mampu  memakai  dan
    menghasilkan  pengetahuannya  melalui  ICT.  Koordinasi  sentral
    penting  untuk  mendorong  efisiensi  dan  meningkatkan  kualitas
    akselerasi  melalui  ICT  namun  tetap  mendorong  desentralisasi
    inovasi  dan  keterlibatan  sivitas  akademika.  Hal  ini  terutama
    d1perlukan  dalam  layanan aktivitas  dalam  fungsi  utama akademik.
    Dengan  demikian  para  pimpinan  PT  harus  mampu  mengiden-
    tifikasikan  projek  teknologi  dan  layanan  pusat  dan  layanan  unit
    lainnya  untuk  tetap  mempertahankan  efisiensi  dan  kualitas
    (Semiawan,  1999).
           Yang  juga  perlu  mendapat  perhatian  adalah  bahwa
    keuntungan dari teknologi baru ini bersifat jamak.  lntegrasi melalui
    information  highway seperti  ICT  ini  bukan  saja  akan  meningkat-
    kan  potensi  untuk  keterkaitan  kolaboratif  antar individu,  kelompok
    dan  organisasi,  melainkan  juga  memiliki  kemampuan  untuk



                                                            171
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192