Page 192 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 192

!./ohnlisnsi l'endidikaw Ana/isis,,,.


              oleh  berbagai  hal  tersebut.  Meskipun  harus  diakui  bahwa  setiap
              krisis  mengandung  bahaya,  namun  didalamnya  juga  sekaligus
              terdapat  peluang  yang  harus  dapat dimanfaatkan dengan  sebaik-
              balknya.

              A.  Dampak Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan
                  Indonesia

                     Globalisasi  ditandai  dengan  pasar  bebas  yang  menuntut
              kualitas.  dan  kemampuan  untuk  bersaing  dan  sekaligus  untuk
              bekerjasama.  Dalam  menyiapkan  sumber  daya  manusia  (SDM)
              seperti  itu  kiranya  perlu  dilakukan  revolusi  dalam  pendidikan
              terutama  tentang  the  way people  learn  and the  way  instruction  is
              given.  Apa  yang  selama  ini  Ieiah  menjadi  dogma  bahwa  segala
              sesuatu  sebaiknya  ditentukan  dari  pusat,  misalnya,  atau
              penggunaan  teknologi  dalam  pembelajaran  adalah  merupakan
              sebuah  kemewahan  telah  berubah  menjadi  sebuah  kebutuhan.
              Dengan  demikian,  cara  pandang  terhadap  belajar  dan  sumber-
              sumber  belajar  juga  harus  berubah.  ltu  semua  terjadi  karena
              adanya tuntutan  persaingan sebagai dampak globalisasi terhadap
              pendidikan.  Namun  demikian  gagasan  global  competitiveness
              haruslah  d1tanggapi  secara  arif  sebab  tidak  semua  ahli  sependa-
              pat tentang hal itu.
                     Dalam  hal  pendidikan,  dampak  globalisasi  memperlihat-
              kan  pergeseran  peran  guru  yang  selama  ini  dianggap  sebagai
              satu-satunya  sumber  belajar,  atau  orang  yang  paling  tahu  di
              sekolah  berubah  menJadi  hanya  sebagai  salah  satu  sumber
              belajar.  Proses belajar mengajar tadinya  didominasi guru.  Sejalan
              dengRn  k8mi'lju<m  ilmu  f1Angetahwm  d<m  leknologi  khususnyi'l
              teknologi  informasi  dan  lebih  khusus  lagi  teknologi  pembelajaran
              sebagai  bagian  dari  teknologi  pendidikan,  guru  harus  lebih
              berperan  sebagai  fasilitator  dan  mengurangi  perannya  sebagai




              176
   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197