Page 60 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 60

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  47


               mempercepat  pembangunan  nasional  (Sukirman  dan  Sari,  2012).  PT
               diharapkan menjadi sebuah komunitas yang mampu melindungi dirinya dari
               pengaruh  nilai-nilai  lingkungan  eksternal  yang  mungkin  korup  atau
               mengandung  keburukan.  Independensi  diperlukan  untuk  mendukung
               terwujudnya inovasi atau perkembangan pemikiran dan ilmu pengetahuan
               (Anwar  dan  Pratolo,  2012).  Pendidikan  tinggi  dituntut  untuk  lebih
               menyeimbangkan peranannya sebagai pusat intelektual sekaligus  menjaga
               agar  tetap  relevan  dengan  kondisi  sosial  di  sekitarnya  dalam  menghadapi
               transformasi  ekonomi,  teknologi  dan  kondisi  sosial  yang  sangat  cepat
               (Indrajit  dan  Djokopranoto,  2006).  Institusi  PT  memiliki  keistimewaan
               dibandingkan institusi lain yang terletak pada fungsi dasarnya yaitu dalam
               hal pendidikan, pengajaran, dan usaha penemuan atau inovasi (riset) atau
               dikenal  sebagai  Tri  Dharma  PT.  Fungsi-fungsi  inilah  yang  kemudian
               mendefinisikan peran PT dalam masyarakat (Sukirman dan Sari, 2012).
                   Dengan dasar fungsi dan peran Tri Dharma PT itulah maka pengelolaan
               sebuah  institusi  PT  tidak  mungkin  disamakan  dengan  pengelolaan  sebuah
               negara  maupun  korporasi.  Ada  koridor-koridor  tertentu  yang  berkaitan
               dengan  nilai-nilai  luhur  (values),  baik  dalam  hal  akademik  maupun  social
               values yang harus dijaga didalamnya. Hal-hal lain dalam penyelenggaraan PT
               harus ditempatkan sebagai alat untuk mendukung pencapaian tujuan dasar
               tersebut (Anwar dan Pratolo, 2012). Inilah  yang menjadi dasar munculnya
               wacana GUGdalam penyelenggaraan sebuah institusi PT.  Dengan demikian
               secara  sederhana  GUGdapat  dipandang  sebagai  penerapan  prinsip-prinsip
               dasar konsep “good governance” dalam sistem dan proses governance pada
               institusi PT, melalui berbagai penyesuaian berdasarkan nilai-nilai yang harus
               dijunjung tinggi dalam penyelenggaraan PT (Wijatno, 2009).
                   Governance  of  Irish  Universities  (2007)  menjelaskan  GUG  sebagai
               berikut.

                   A robust system of governance is vital in order to enable organizations
                   to operate effectively and to discharge their responsibilities as regards
                   transparency and accountability to those they serve. Given their pivotal
                   role in society and in national economic and social development, as well
                   as  their  heavy  reliance  on  public  as  well  as  private  funding,  good
                   governance  is  particularly  important  in  the  case  of  the  universities
                   (HEA-IUA, 2007; page.3)
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65