Page 175 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 175
162 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
a) Assignment (tugas): tugas dapat kerjakan secara offline
(diselesaikan diluar Moodle). Jika siswa sudah menyelesaikan
tugas, siswa mengumpulkannya dengan cara di upload (sebuah
file) untuk direview oleh tutor.
b) Choice (pilihan): pada aktivitas ini memungkin pengajar
memberikan beberapapertanyaan dan menentukan pilihan
jawabannya (pilihan ganda). Pilihan merupakan cara yang baik
untuk mendapatkan umpan balik dari siswa dalam mengevaluasi
hasil belajar.
c) Lesson (pelajaran): Lesson ditujukan agar tutor dapat membuat
aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson
terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhir setiap halaman
biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban.
Jawaban yang dipilih mahasiswa akan menentukan halaman
mana yang akan diaksesnya.
d) Quiz (kuis): Pada bagian ini memungkinkan tutor membuat
sebuah materi kuis, ujian atau test secara online. Bentuk kuis
dapat berupa pilihan ganda, jawaban benar-salah atau jawaban
singkat. Pertanyaan – pertanyaan tersebut akan tersimpan di
bank soal yang dapat dikategorikan dan digunakan ulang.
e) SCROM (Sharable Content Object Reference Model): merupakan
standard pendistribusian paket pembelajaran elektronik yang