Page 175 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 175

162  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik

















            a)  Assignment  (tugas):  tugas  dapat  kerjakan  secara  offline
                (diselesaikan  diluar  Moodle).  Jika  siswa    sudah  menyelesaikan
                tugas, siswa mengumpulkannya dengan cara di upload  (sebuah
                file) untuk direview oleh tutor.
            b)  Choice  (pilihan):  pada  aktivitas  ini  memungkin  pengajar
                memberikan  beberapapertanyaan  dan  menentukan  pilihan
                jawabannya  (pilihan  ganda).  Pilihan  merupakan  cara  yang  baik
                untuk mendapatkan umpan balik dari siswa dalam mengevaluasi
                hasil belajar.
            c)  Lesson (pelajaran): Lesson ditujukan agar tutor dapat membuat
                aktifitas  yang  berisi  konten  yang  menarik  dan  fleksibel.  Lesson
                terbagi  menjadi  beberapa  halaman  dan  diakhir  setiap  halaman
                biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban.
                Jawaban  yang  dipilih  mahasiswa  akan  menentukan  halaman
                mana yang akan diaksesnya.
            d)  Quiz  (kuis):  Pada  bagian  ini  memungkinkan  tutor  membuat
                sebuah  materi    kuis,  ujian  atau  test  secara  online.  Bentuk  kuis
                dapat berupa pilihan ganda, jawaban benar-salah atau jawaban
                singkat.  Pertanyaan  –  pertanyaan  tersebut  akan  tersimpan  di
                bank soal yang dapat dikategorikan dan digunakan ulang.
            e)  SCROM (Sharable Content Object Reference Model): merupakan
                standard  pendistribusian  paket  pembelajaran  elektronik  yang
   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180