Page 171 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 171
158 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
Kedua, mengidentifikasi kesulitan yang mungkin dihadapi Tutor (dosen)
dalam mengunakan fitur-fitur e-learning UT dengan plaform Moodle dalam
tutorial online berdasarkan strategi pembelajaran. Artikel ini mencoba
menawarkan pendekatan untuk mengkaji literasi ‘e-learning’ khususnya
dalam mengukur tingkat literasi tutor (dosen) terhadap e-learning UT
(tutorial online) Universitas Terbuka berdasarkan pengalamannya
melaksanakan pembelajaran tutorial online berbasis platform Moodle.
Keluarannya (outcomes) nanti setidaknya dapat menjadi bahan evaluasi
terhadap ‘literasi e-learning’ tutor (dosen) dan rujukan dalam
pengembangkan pelatihan tutorial online dalam meningkatkan kemampuan
tutor (dosen) UT dalam mengoperasikan fitur-fitur (tools) e-learning dalam
platform Moodle yang relevan dengan strategi pembelajaran. Untuk
menjelaskannya tulisan ini di bagi dalam beberapa bagian berikut. (1) e-
learning berbasis platform Moodle; (2) e-learning UT berbasis platform
Moodle; (3) literasi e-learning; (4) pengembangan indikator pengukuran
literasi e-learning tutor (dosen) tutorial online dan (5) penutup.
A. E-LEARNING UT BERBASIS PLAT FORM MOODLE
Teknologi komunikasi dan informasi menjadi medium intraktif yang
digunakan dalam pembelajaran jarak jauh untuk mereduksi kendala geografi
6
dan jarak. Hal itu merupakan konsekuensi keterpisahan ‘geografi’ (tempat)
dan waktu serta jarak antara peserta belajar dan pengajar, sehingga
diperlukan ‘medium’ yang relevan. Medium yang dimaksudkan adalah
mediayang dirancang baik cetak, audio, video mapun komputer dan
teknologi yang memungkinkan terjadinya kemunikasi 2 (dua) arah. Seiring
dengan perkembangan teknologi dan informasi kini muncul beragam
pembelajaran yang berbasis komputer dan internet bermunculan mulai dari
Computer Based Learning (CBL), Online Learning atau Web Based Learning,
E-Learning (Technology Based Learning), Distance Learning (Integrated
System) dan sebagainya.
E-learning merupakan suatu bentuk implementasi teknologi komunikasi
dan informasi yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran yang
pelaksanaannya membutuhkan sarana komputer berbasis web dalam suatu
6
Keegan (1986) salah satu kakateristik Pendidikan Jarak Jauh adalah terpisahnya peserta
belajar dengan pengajar selama proses pembelajaran dan digunakannya aneka ragam
media, baik cetak, audio, video maupun komputer untuk menyatukan peserta belajar dan
pengajar maupun penyampaian materi pembelajaran.