Page 171 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 171

158  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        Kedua,  mengidentifikasi  kesulitan  yang  mungkin  dihadapi  Tutor  (dosen)
        dalam mengunakan fitur-fitur e-learning UT dengan plaform Moodle dalam
        tutorial  online  berdasarkan  strategi  pembelajaran.  Artikel  ini  mencoba
        menawarkan  pendekatan  untuk  mengkaji  literasi  ‘e-learning’  khususnya
        dalam  mengukur  tingkat  literasi  tutor  (dosen)  terhadap  e-learning  UT
        (tutorial  online)  Universitas  Terbuka  berdasarkan  pengalamannya
        melaksanakan  pembelajaran  tutorial  online  berbasis  platform  Moodle.
        Keluarannya  (outcomes)  nanti  setidaknya  dapat  menjadi  bahan  evaluasi
        terhadap  ‘literasi  e-learning’  tutor  (dosen)  dan  rujukan  dalam
        pengembangkan pelatihan tutorial online dalam meningkatkan kemampuan
        tutor (dosen) UT dalam mengoperasikan fitur-fitur (tools) e-learning dalam
        platform  Moodle  yang  relevan  dengan  strategi  pembelajaran.  Untuk
        menjelaskannya  tulisan  ini  di  bagi  dalam  beberapa  bagian  berikut.  (1)  e-
        learning  berbasis  platform  Moodle;  (2)  e-learning  UT  berbasis  platform
        Moodle;  (3)  literasi  e-learning;  (4)  pengembangan  indikator  pengukuran
        literasi e-learning tutor (dosen) tutorial online dan (5) penutup.

        A.  E-LEARNING UT BERBASIS PLAT FORM MOODLE

            Teknologi  komunikasi  dan  informasi  menjadi  medium  intraktif  yang
        digunakan dalam pembelajaran jarak jauh untuk mereduksi kendala geografi
                6
        dan jarak.  Hal itu merupakan konsekuensi keterpisahan ‘geografi’ (tempat)
        dan  waktu  serta  jarak  antara  peserta  belajar  dan  pengajar,  sehingga
        diperlukan  ‘medium’  yang  relevan.  Medium  yang  dimaksudkan  adalah
        mediayang  dirancang  baik  cetak,  audio,  video  mapun  komputer  dan
        teknologi yang memungkinkan terjadinya kemunikasi 2 (dua) arah. Seiring
        dengan  perkembangan  teknologi  dan  informasi  kini  muncul  beragam
        pembelajaran yang berbasis komputer dan internet bermunculan mulai dari
        Computer Based Learning (CBL), Online Learning atau Web Based Learning,
        E-Learning  (Technology  Based  Learning),  Distance  Learning  (Integrated
        System) dan sebagainya.
            E-learning merupakan suatu bentuk implementasi teknologi komunikasi
        dan informasi yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran yang
        pelaksanaannya membutuhkan sarana komputer berbasis web dalam suatu

        6
            Keegan  (1986)  salah  satu  kakateristik  Pendidikan  Jarak  Jauh  adalah  terpisahnya  peserta
           belajar  dengan  pengajar  selama  proses  pembelajaran  dan  digunakannya  aneka  ragam
           media, baik cetak, audio, video maupun komputer untuk menyatukan peserta belajar dan
           pengajar maupun penyampaian materi pembelajaran.
   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176