Page 169 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 169
156 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia dan
secara cepat dapat diperbaharui oleh dosen (tutor). Penggabungan
pembelajaran tatap muka dengan konsep ‘e-learning’ ini memungkinkan
terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, juga akan
mendorong mahasiswa untuk belajar secara mendiri, sementara disisi lain
mendorong tutor (dosen) menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam
menyampaikan dan mengintegrasikan materi-materi belajar dengan
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga efektivitas dan
effisiensi pembelajaran dapat tercapai. Interaksi yang terbangun antara
dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran online (e-learning)
memungkinkan tutor (dosen) untuk menyusun dan menyesuaikan strategi
pembelajaran dan materi ajar serta memberikan dorongan kepada
mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu tutor
(dosen) melalui e-learning dapat menerapkan strategi pembelajaran melalui
pendekatan kontruktivitas, belajar berdasarkan aneka sumber, belajar
kolaborasi, belajar berdasarkan masalah, belajar berdasarkan kasus dan
belajar secara kontekstual dengan memanfaatkan fitur-fitur (tools) yang
tersedia dari platform e-learning Moodle (Welller, 2002; Julaeha & Padmo,
2007).
Tutorial online yang berjalan efektif membutuhkan ‘individual
competences’ (tutor/dosen). ‘Individual competences’ dalam hal ini
merupakan kemampuan seorang tutor (dosen) dalam menggunakan dan
memanfaatkan ‘e-learning’ dalam proses pembelajaran. Beberapa
kemampuan e-learning tersebut diantaranya adalah kemampuan untuk
menggunakan, memproduksi, menganalisis, dan mengkomunikasikan pesan
melalui ‘e-learning’ dalam proses pembelajaran. Artinya tutor (dosen) dalam
hal ini tidak saja mempunyai kompetensi sesuai dengan bidang keilmuannya
dan menguasai semua materi yang ada di modul (misal: ekonomi, bisnis,
manajemen, akuntansi dsb), namun juga kreatif di dalam pengembangan
strategi pembelajaran dalam e-learning.
Seorang tutor (dosen) tutorial online seharusnya mempunyai
kemampuan dan keterampilan beradaptasi terhadap teknologi informasi
dan komunikasi terutama literasi e-learning yang baik dalam menyelaraskan
penggunaan fitur-fitur dalam platform Moodle sesuai dengan strategi
pembelajaran dan penyajian materi-matari yang akan diajarkan. Diperlukan
tingkat literasi e-learning yang baik dari tutor (dosen) dalam menggunakan
dan memanfaatkan platform elearning Moodle. Salah satu contoh literasi