Page 170 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 170

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  157


               e-learning  adalah  menyajikan  materi  (learning  content  management
               systems)  untuk  pembelajaran  tertentu;  mengunggah  materi;  memberikan
               diskusi dan umpan balik; dan menyusun tes obyektif dan tugas (homework)
               dengan  memanfaatkan  fitur-fitur  platform  Moodle  sesuai  strategi
               pembelajaran.
                   Literasi  komputer  terutama  e-learning  telah  menjadi  diskusi  yang
               menarik terutama sejak pembelajaran (e-learning) baik sebagai alat bantu
               pengajaran  atau  sebagai  alat  untuk  belajar  mandiri.  Literasi  e-learning
               terkait  erat  dengan  kemampuan  SDM  (tutor/dosen)  dalam  pemanfaatan
               teknologi digital dan plaftform perangkat lunak (application software) dalam
               pendidikan jarak jauh. Fenomena yang menarik dalam proses tutorial online
               di  Univeritas  Terbuka  terutama  di  Fakultas  Ekonomi  adalah  masih  relatif
               minimnya  penggunaan  dan  pengoperasian  berbagai  fitur-fitur  (tools)  yang
               ter-instal dalam platform e-learning tersebut (Moodle) yang tersedia sesuai
               dengan rancangan strategi pembelajaran untuk memperkaya materi tutorial
               yang  tidak  hanya  teks  dan  masih  minim  kreativitas  walaupun  tingkat
               partisipasi dan aktivitas tutor (dosen) relatif tinggi.
                   Sementara  itu  platform  perangkat  lunak  (application  software)
               ‘e-learning’  seperti  Moodle  menyediakan  beragam  fitur-fitur  (tools)  yang
               ter-instal  di  dalamnya  untuk  mendukung  startegi  pembelajaran  namun
               belum  sepenuhnya  dimaafkan  secara  optimal  oleh  tutor  (dosen).  Artinya
               terjadi  ‘e-learning  divide’  yaitu  situasi  yang  ditandai  oleh  adanya  jurang
               (kesenjangan) dalam mengoperasikan dan menggunakan fitur-fitur (tools)e-
               learning dalam platform Moodle yang relevan sesuai strategi pembelajaran.
               Dari  banyaknya  fasilitas  pembelajaran  yang  tersedia  dalam  platform
               Moodle, penulis menemukan masih ada beberapa fitur (tools) yang belum
               dimanfaatkan  secara  maksimal.  Kesenjangan  tersebut  dapat  disebabkan
               oleh  keterbatasan  pengetahuan  dan  keterampilan  tutor  (dosen)  dalam
               mengoperasikan  dan  menggunakan  fitur-fitur  (tools)  pembelajaran
               e-learning  yang tersedia dalam platform Moodle tersebut atau  ‘e-learning
               illiterate’.  Dengan  segala  fasilitas  yang  tersedia  dalam  platform  ‘Moodle’
               bukan  hal  yang  mustahil  strategi  pembelajaran  dan  materi  ajar  yang
               disampaikan  menjadi  lebih  kreatif  dan  bervariatif  untuk  mengangkat
               pembelajaran yang bermakna.
                   Fenomena  tersebut  menarik  untuk  dikaji  dengan  melihat  dalam
               kerangka  literasi  ‘e-learning’,  tujuannya  adalah:  pertama,  memperkirakan
               tingkat literasi tutor (dosen) Fakultas Ekonomi UT terhadap  e-learning UT.
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175