Page 173 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 173
160 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
Pendidikan jarak jauh seperti yang diterapkan di Universitas Terbuka
(UT) mutlak memerlukan penerapan teknologi informasi dan komunikasi
sebagai ‘infrastruktur vital’ dalam proses pembelajarannya, hal ini sebagai
konsekuensi dari keterpisahan jarak dan waktu untuk menghubungkan
antara peserta belajar, sumber belajar dan pengajar (tutor atau dosen).
Untuk mendukung proses pembelajaran, UT menerapkan program bantuan
belajar berbasis teknologi elektronik (e-learning) yaitu ‘tutorial online’. E-
learning UT (tutorial online) adalah sebuah sistem pembelajaran yang
membutuhkan pengajar (tutor/dosen), si belajar (mahasiswa), strategi
8
pembelajaran yang mengikuti platform yang dipilih dan digunakan (yaitu:
Moodle).
Pembelajaran e-learning (tutorial online) yang dikembangkan di UT
menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis platform
‘Moodle’ (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Moodle
dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas (computer scientist dan
educator) yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk
mengembangkan sebuah learning management system di salah satu
perguruan tinggi di kota Perth, Australia. Uniknya, Moodle tidak dibangun
oleh seorang ‘computer scientist’ murni, namun didasarkan kepada
pengalaman dan latar belakang pendidikan dalam bidang ilmu pendidikan.
Sehingga Moodle mampu mengakomodir hampir semua kebutuhan
pendidikan konvensional yang ditransfer dalam wujud online learning.
Moodle bersifat open source yang dapat digunakan untuk membangun
pembelajaran online yang efektif dengan mengatur kegiatan belajar yang
kolaboratif dalam website. Selain itu Moodle memfasilitasi berbagai macam
fitur pembelajaran online seperti misalnya fitur materi online, forum diskusi,
fitur chat, fitur latihan dan tugas, memisahkan siswa dalam beberapa kelas,
dan sebagainya. Platforme-learning tersebut merupakan produk yang
sangat aktif dan cepat perkembangannya, tersedia secara gratis di web pada
alamat (http://www.Moodle.org), sehingga siapa saja dapat mendownload
dan menginstalnya. Bahkan Moodle telah diterjemahkan ke dalam lebih 100
bahasa di dunia termasuk bahasa Indonesia, sehingga semakin
8
Dick & Carey (1985) srrategi pembelajaran adalah satu set materi dan prosedur
pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan haisl belajar pada
siswa, dimana satu materi itu sendiri terdiri dari beberapa komponen, yaitu: kegiatan
praintruksional, penyajian informasi, partisipasi mahasiwa dan tes. (dalam Suparman
2004:63)