Page 173 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 173

160  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


            Pendidikan  jarak  jauh  seperti  yang  diterapkan  di  Universitas  Terbuka
        (UT)  mutlak  memerlukan  penerapan  teknologi  informasi  dan  komunikasi
        sebagai ‘infrastruktur vital’ dalam proses pembelajarannya, hal ini sebagai
        konsekuensi  dari  keterpisahan  jarak  dan  waktu  untuk  menghubungkan
        antara  peserta  belajar,  sumber  belajar  dan  pengajar  (tutor  atau  dosen).
        Untuk mendukung proses pembelajaran, UT menerapkan program bantuan
        belajar  berbasis  teknologi  elektronik  (e-learning)  yaitu  ‘tutorial  online’.  E-
        learning  UT  (tutorial  online)  adalah  sebuah  sistem  pembelajaran  yang
        membutuhkan  pengajar  (tutor/dosen),  si  belajar  (mahasiswa),  strategi
                   8
        pembelajaran  yang mengikuti platform yang dipilih dan digunakan (yaitu:
        Moodle).
            Pembelajaran  e-learning  (tutorial  online)  yang  dikembangkan  di  UT
        menggunakan  Learning  Management  System  (LMS)  berbasis  platform
        ‘Moodle’ (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Moodle
        dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas (computer scientist dan
        educator)  yang  menghabiskan  sebagian  besar  waktunya  untuk
        mengembangkan  sebuah  learning  management  system  di  salah  satu
        perguruan tinggi di kota Perth, Australia.  Uniknya, Moodle tidak dibangun
        oleh  seorang  ‘computer  scientist’  murni,  namun  didasarkan  kepada
        pengalaman dan latar belakang pendidikan dalam bidang ilmu pendidikan.
        Sehingga  Moodle  mampu  mengakomodir  hampir  semua  kebutuhan
        pendidikan  konvensional  yang  ditransfer  dalam  wujud  online  learning.
        Moodle  bersifat  open  source  yang  dapat  digunakan  untuk  membangun
        pembelajaran  online  yang  efektif  dengan  mengatur  kegiatan  belajar  yang
        kolaboratif dalam website. Selain itu Moodle memfasilitasi berbagai macam
        fitur pembelajaran online seperti misalnya fitur materi online, forum diskusi,
        fitur chat, fitur latihan dan tugas, memisahkan siswa dalam beberapa kelas,
        dan  sebagainya.  Platforme-learning  tersebut  merupakan  produk  yang
        sangat aktif dan cepat perkembangannya, tersedia secara gratis di web pada
        alamat (http://www.Moodle.org), sehingga siapa saja dapat mendownload
        dan menginstalnya. Bahkan Moodle telah diterjemahkan ke dalam lebih 100
        bahasa  di  dunia  termasuk  bahasa  Indonesia,  sehingga  semakin

        8
            Dick  &  Carey  (1985)  srrategi  pembelajaran  adalah  satu  set  materi  dan  prosedur
           pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan haisl belajar pada
           siswa,  dimana  satu  materi  itu  sendiri  terdiri  dari  beberapa  komponen,  yaitu:  kegiatan
           praintruksional,  penyajian  informasi,  partisipasi  mahasiwa  dan  tes.  (dalam  Suparman
           2004:63)
   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178