Page 177 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 177
164 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
a) Chat: melalui fitur ini, setiap peserta dapat berdiskusi secara real-time
berbasis web.
b) Forum (diskusi): hamper mirip dengan chat, pada forum, student
dan teacher dapat berinteraksi satu sama lain secara real-time.
Namun tidak seperti chat, pada forum interaksi yang dilakukan
secara asinkron. Setiap member yang tergabung dalam forum akan
menerima salinan dari posting di email mereka.
c) Wiki (kamus/ensiklopedi): Pada aktivitas ini, student dan teacher
dapat secara kolaboratif menulis dokumen web tanpa mengetahui
bahasa html, langsung dari web browser. Hasilnya dapat berupa
hasil kreativitas kelas, kelompok ataupun individu.
d) Workshop (ruang Kerja): fitur ini dirancang sedemikian rupa
sehingga siswa dapat bekerja dan menyampaikan hasilnya untuk
peer review dalam kerangka kerja yang terstruktur.
e) Open Meetings (ruang konferensi virtual): diskusi (chat) melalui
video dan suara.
Lazimnya tutor (dosen) dalam pembelajaran tutorial online atau ‘e-
learning’ dapat mengenali layanan yang tersedia, kemudian mampu
mengoperasikan dan memanfaatkan setiap fitur (tools) pembelajaran yang
tersdian dalam platform Moodle sesuai pilihan strategi pembelajaran yang
tepat untuk pengembangan materi ajar berbasis online, berinteraksi
langsung atau tidak langsung dengan mahasiswa selama proses berlajar
(tutorial) berlangsung dan menyusun evaluasi untuk mengukur ketercapaian
9
tujuan belajar.
B. LITERASI E-LEARNING
Awalnya literasi dipahami secara sederhana sebatas kemampuan baca
atau tulis seseorang mengingat makin berkembangnya ilmu pengetahuan
dan teknologi di masyarakat. Seiring dengan perkembangannya makna
‘literasi’ (literacy) bertransformasi yang diartikan sebagai kemampuan
seseorang baik dalam mencari, menemukan, dan mengunakan informasi
yang diperolehnya dari beragam sumber dan media sehingga diharapkan
dapat memenuhi kebutuhannya untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan
yang dimiliki seseorang. Dengan demikian, dikatakan sebagai seorang tutor
9
Salah stau alasan pemilihan strategi pembelajaran adalah untuk mengangkat pembelajaran
yang bermakna.