Page 177 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 177

164  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


            a)  Chat: melalui fitur ini, setiap peserta dapat berdiskusi secara real-time
               berbasis web.
            b)  Forum (diskusi): hamper mirip dengan chat, pada forum, student
               dan  teacher  dapat  berinteraksi  satu  sama  lain  secara  real-time.
               Namun  tidak  seperti  chat,  pada  forum  interaksi  yang  dilakukan
               secara asinkron. Setiap member yang tergabung dalam forum akan
               menerima salinan dari posting di email mereka.
            c)  Wiki (kamus/ensiklopedi): Pada aktivitas ini, student dan teacher
               dapat secara kolaboratif menulis dokumen web tanpa mengetahui
               bahasa  html,  langsung  dari  web  browser.  Hasilnya  dapat  berupa
               hasil kreativitas kelas, kelompok ataupun individu.
            d)  Workshop  (ruang  Kerja):  fitur  ini  dirancang  sedemikian  rupa
               sehingga siswa  dapat bekerja dan menyampaikan hasilnya untuk
               peer review dalam kerangka kerja yang terstruktur.
            e)  Open Meetings (ruang konferensi virtual): diskusi (chat) melalui
               video dan suara.
            Lazimnya  tutor  (dosen)  dalam  pembelajaran  tutorial  online  atau  ‘e-
        learning’  dapat  mengenali  layanan  yang  tersedia,  kemudian  mampu
        mengoperasikan dan memanfaatkan setiap fitur (tools) pembelajaran yang
        tersdian dalam platform Moodle sesuai pilihan strategi pembelajaran yang
        tepat  untuk  pengembangan  materi  ajar  berbasis  online,  berinteraksi
        langsung  atau  tidak  langsung  dengan  mahasiswa  selama  proses  berlajar
        (tutorial) berlangsung dan menyusun evaluasi untuk mengukur ketercapaian
                    9
        tujuan belajar.

        B.  LITERASI E-LEARNING

            Awalnya literasi dipahami secara sederhana sebatas kemampuan baca
        atau  tulis  seseorang  mengingat  makin  berkembangnya  ilmu  pengetahuan
        dan  teknologi  di  masyarakat.  Seiring  dengan  perkembangannya  makna
        ‘literasi’  (literacy)  bertransformasi  yang  diartikan  sebagai  kemampuan
        seseorang  baik  dalam  mencari,  menemukan,  dan  mengunakan  informasi
        yang  diperolehnya  dari  beragam  sumber  dan  media  sehingga  diharapkan
        dapat memenuhi kebutuhannya untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan
        yang dimiliki seseorang. Dengan demikian, dikatakan sebagai seorang tutor

        9
            Salah stau alasan pemilihan strategi pembelajaran adalah untuk mengangkat pembelajaran
           yang bermakna.
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182