Page 180 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 180

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  167


                   Secara  operasional  literasi  ‘e-learning’  dalam  lingkup  pembelajaran
               tutorial  online  di  UT  mencakup  3  aspek  yang  terkait  dengan  kemampuan
               yang  harus  dimiliki  oleh  tutor  (dosen)  dalam  melakukan  aktivitas
               pembelajaran  mengunakan  medium  komputer  yang  berbasis  platform
               ‘Moodle’ yaitu:
               1.  Kemampuan  menggunakan  perangkat  komputer  untuk  mendukung
                   proses pembelajaran tutorial online.
               2.  Kemampuan dalam mencari, mengakses, menggunakan/memanfaatkan
                   dan  mengevaluasi  berbagai  fitur-fitur  dan  informasi  yang  mendukung
                   proses pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning (Moodle).
               3.  Kemampuan  dalam  mengintergrasikan  strategi  pembelajaran  dan
                   materi belajar melalui medium komputer dengan memanfaat berbagai
                   fitur-fitur e-learning yang berbasis platform Moodle yang relevan.

                   E-learning  dapat  diterima  ketika  pengguna  (tutor/dosen  sebagai
               ‘enduser’)  mampu  mengoperasikan  beberbagai  fitur-fitur  (tools)  yang  ter-
               instal pada platform (Moodle) yang digunakan. Melalui literasi e-learning ini
               dapat diketahui jenjang kompetensi ‘e-learning’ yang sebaiknya dimiliki oleh
               seorang tutor (dosen). Setidaknya karakteristik seorang tutor (dosen) melek
               ‘e-learning’ (e-learning literacy) yaitu tutor (dosen) dapat mengoperasikan
               dan  menggunakan  ‘e-learning’  berdasarkan  platform-nya  secara  tepat
               berdasarkan kebutuhan belajar, kompetensi, karakteristik isi atau bahan ajar
               dan  mengintegrasikannya  melalui  fitur-fitur  yang  tersedia  dalam  platform
               e-learning untuk proses pembelajaran secara online. Selanjutnya tingkatan
               kompetensi  tutor  (dosen)  terhadap  ‘e-learning’  dapat  di  bangun  dari
               e-learning  literacy.  Purwadilaga  (2013)  mengembangkan  5  tahapan
               kompetensi tutor (dosen) terhadap e-learning dan masing-masing tahapan
               tersebut  dapat  dibangun  kriteria  atau  tipologinya  masing-masing
               berdasarkan hasil pengukuran e-learning literacy (lihat Gambar 3).
   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185