Page 181 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 181

168  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


















          Sumber: Dimodifikasi dari Purwadilaga (2013:4) & Media Literacy levels -
                            European Commission, 2009

          Gambar 3. Tahapan Kompetensi Tutor (Dosen) terkait Literasi E-learning

        C.  PENGEMBANGAN INDIKATOR LITERASI E-LEARNING ‘TUTOR’
            (DOSEN)TUTORIAL ONLINE

            Mengetahui kadar literasi e-learning  sesungguhnya merupakan sesuatu
        yang  sangat  kompleks.  Untuk  itu  perlu  dirancangkan  suatu  indikator yang
        dapat mengukur kadar literasi  e-learning dari tutor (dosen) tutorial online
        berdasarkan  platform  Moodle.  Pengembangan  indikator  literasi  e-learning
        mengkombinasikan 2 domain yaitu: (1) ICT literacy dan (2) platform Moodle
        literacy.  Secara  operasional  indikator  dari  variabel  ICT  literacy  dijabarkan
        dengan mengacu pada definisi Glasgow Caledonian University, yaitu sebagai
        suatu kadar kemampuan mereka dalam hal melakukan aktifitas informatif
        dan komunikatif melalui medium komputer. Rumusan Glasgow Caledonian
        University,  menyangkut  keterampilan  penggunaan  TIK  standar  yang
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186