Page 181 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 181
168 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
Sumber: Dimodifikasi dari Purwadilaga (2013:4) & Media Literacy levels -
European Commission, 2009
Gambar 3. Tahapan Kompetensi Tutor (Dosen) terkait Literasi E-learning
C. PENGEMBANGAN INDIKATOR LITERASI E-LEARNING ‘TUTOR’
(DOSEN)TUTORIAL ONLINE
Mengetahui kadar literasi e-learning sesungguhnya merupakan sesuatu
yang sangat kompleks. Untuk itu perlu dirancangkan suatu indikator yang
dapat mengukur kadar literasi e-learning dari tutor (dosen) tutorial online
berdasarkan platform Moodle. Pengembangan indikator literasi e-learning
mengkombinasikan 2 domain yaitu: (1) ICT literacy dan (2) platform Moodle
literacy. Secara operasional indikator dari variabel ICT literacy dijabarkan
dengan mengacu pada definisi Glasgow Caledonian University, yaitu sebagai
suatu kadar kemampuan mereka dalam hal melakukan aktifitas informatif
dan komunikatif melalui medium komputer. Rumusan Glasgow Caledonian
University, menyangkut keterampilan penggunaan TIK standar yang