Page 183 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 183
170 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
Variabel Indikator/Variabel Minor
Mayor
dapat meng-copy text dari web dan menyisipkannya ke dalam suatu
dokumen.; dan dapat meng-copygambar dari Web dan menyisipkannya ke
dalam suatu dokumen.
Sedangkan variabel Moodleliteracy merupakan kemampuan dan
ketrampilan mengoperasikan dan menggunakan ‘platform Moodle’ secara
tepat dalam proses pembelajaran tutorial online berdasarkan kebutuhan
belajar, kompetensi, karakteristik isi atau bahan ajar dan
mengintegrasikannya melalui fitur-fitur yang tersedia untuk pembelajaran
secara online. Rumusan Moodleliteracy, sebagai berikut.
Tabel 2. Rumusan Moodleliteracy
Variabel Indikator/Variabel Minor
Mayor
Literasi Mengenal fitur-fitur (tools) Moodle yang termasuk dalam kategori: (a) static
Moodle
course matrial; (b) interactive course matrial dan (c) social course material
a) Static course material mencakup kemampuan: dapat menampilkan
materi dalam halaman teks (text pages); dapat menampilkan materi
dalam halaman web (web pages); dapat menampilka materi dalam
tautan (link) ke sesuatu di Web (Links to anything on the web); dapat
menampilkan materi ke dalam satu direktori pembelajaran (a view into
one of the course’s directories); dapat menampilkan tampilan label yang
menampilkan teks atau gambar (a label that display any text or image);
dapat menampilkkan materi file multimedia (multimedia files).
b) Interactive course materialmencakup kemampuan: dapat mengunakan
Assignment (tugas) yang dapat kerjakan secara offline (diselesaikan
diluar Moodle) terjadwal atau tidak terjadwal; dapat memberikan dan
menampilan tugas tugas dalam bentuk „choice’ (pilihan) dan
memberikan umpan balik dari siswa dalam mengevaluasi hasil belajar;
dapat menggunakan ‘lesson’ (pelajaran) yang berisi konten yang
menarik dan fleksibel; dapat menggunakan fitur quiz (kuis) yang
memungkinkan tutor membuat sebuah materi kuis, ujian atau test
secara online; dapat menampilkan materi ajar dalam bentuk SCROM
(Sharable Content Object Reference Model) yang dapat digunakan
untuk menampung berbagai macam format materi pembelajaran, baik
dalam bentuk teks, animasi, audio dan video; dapat menggunakan fitur
survey(angket) yang dapat digunakan untuk feedback, quisioner
ataupun angket sebagai bahan pembelajaran.
c) Social course material mencakuk kemampuan: dapat mengunakan fitur
Chat untuk berdiskusi secara real-time berbasis web; dapat
mengunakan fitur „forum’ (diskusi) untuk berinteraksi satu sama lain
secara real-time maupun secara asynchronous; dapat menggunakan