Page 183 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 183

170  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


          Variabel                 Indikator/Variabel Minor
          Mayor
                    dapat  meng-copy  text  dari  web  dan  menyisipkannya  ke  dalam  suatu
                    dokumen.; dan dapat meng-copygambar dari Web dan menyisipkannya ke
                    dalam suatu dokumen.

            Sedangkan  variabel  Moodleliteracy  merupakan  kemampuan  dan
        ketrampilan  mengoperasikan  dan  menggunakan  ‘platform  Moodle’  secara
        tepat  dalam  proses  pembelajaran  tutorial  online  berdasarkan  kebutuhan
        belajar,   kompetensi,   karakteristik   isi   atau   bahan   ajar   dan
        mengintegrasikannya  melalui  fitur-fitur  yang  tersedia  untuk  pembelajaran
        secara online. Rumusan Moodleliteracy, sebagai berikut.

                          Tabel 2. Rumusan Moodleliteracy

           Variabel                 Indikator/Variabel Minor
            Mayor
         Literasi   Mengenal fitur-fitur (tools) Moodle yang termasuk dalam kategori: (a) static
         Moodle
                   course matrial; (b) interactive course matrial dan (c) social course material
                   a)  Static  course  material  mencakup  kemampuan:  dapat  menampilkan
                      materi  dalam  halaman  teks  (text  pages);  dapat  menampilkan  materi
                      dalam  halaman  web  (web  pages);  dapat  menampilka  materi  dalam
                      tautan (link) ke sesuatu di Web (Links to anything on the web); dapat
                      menampilkan materi ke dalam  satu direktori pembelajaran (a view into
                      one of the course’s directories); dapat menampilkan tampilan label yang
                      menampilkan teks atau gambar (a label that display any text or image);
                      dapat menampilkkan materi file multimedia (multimedia files).
                   b)  Interactive course materialmencakup kemampuan: dapat mengunakan
                      Assignment  (tugas)  yang  dapat  kerjakan  secara  offline  (diselesaikan
                      diluar  Moodle)  terjadwal  atau  tidak  terjadwal;  dapat  memberikan  dan
                      menampilan  tugas  tugas  dalam  bentuk  „choice’  (pilihan)  dan
                      memberikan umpan balik dari siswa dalam mengevaluasi hasil belajar;
                      dapat  menggunakan  ‘lesson’  (pelajaran)  yang  berisi  konten  yang
                      menarik  dan  fleksibel;  dapat  menggunakan  fitur  quiz  (kuis)  yang
                      memungkinkan  tutor  membuat  sebuah  materi    kuis,  ujian  atau  test
                      secara  online;  dapat  menampilkan  materi  ajar  dalam  bentuk  SCROM
                      (Sharable  Content  Object  Reference  Model)  yang  dapat  digunakan
                      untuk menampung berbagai macam format materi pembelajaran, baik
                      dalam bentuk teks, animasi, audio dan video; dapat menggunakan fitur
                      survey(angket)  yang  dapat  digunakan  untuk  feedback,  quisioner
                      ataupun angket sebagai bahan pembelajaran.
                   c)  Social course material mencakuk kemampuan: dapat mengunakan fitur
                      Chat  untuk  berdiskusi  secara  real-time  berbasis  web;  dapat
                      mengunakan  fitur  „forum’  (diskusi)  untuk  berinteraksi  satu  sama  lain
                      secara  real-time  maupun  secara  asynchronous;  dapat  menggunakan
   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188