Page 184 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 184
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 171
Variabel Indikator/Variabel Minor
Mayor
fitur „wiki‟ (kamus) secara kolaboratif (tutor dna mahasiswa) menulis
dokumen web; dapat menggunakan „workshop’ (ruang kerja) untuk
tugas dan menyampaikan hasilnya untuk peer review; dapat
menggunakan ‘open meetings’ (ruang konferensi virtual): untuk diskusi
(chat) melalui video dan suara.
d) Memadukan atau mentautkan berbagai sumber berlajar dalam Moodle:
dapat mengerjakan/mem-switch berbagai sumber belajar dalam Moodle;
dapat menyisipkan atau mentautkan suatu file materi ajar; dapat meng-
copytext dari web dan mentautkan ke dalam jendela Moodle; dapat
meng-copy gambar dan menyisipkannya atau mentautkan ke jendela
Moodle.
KESIMPULAN
Platform perangkat lunak (application software) ‘e-learning’ seperti
Moodle menyediakan beragam fitur-fitur (tools) yang ter-instal di dalamnya
untuk mendukung startegi pembelajaran. Artikel ini memberikan gagasan
awal pengembangan indikator pengukuran tingkat literasi ‘e-learning’ dari
tutor tutorial online. Pengembangan indikator literasi e-learning tersebut
mengkombinasikan 2 domain pendekatan ICT literacy dan platform Moodle
literacy. Berdasarkan indikator literasi tersebut dapat diketahui tingkatan
kompetensi tutor (dosen) terhadap ‘e-learning’ sesuai dengan
karakteristiknya (tipologi). Indikator masih bersifat awal dan bersifat teknis
(tehnical skill) belum memasukan aspek yang terkait yang terkait dengan
personal competency dan social compentency.