Page 184 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 184

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  171


                   Variabel                Indikator/Variabel Minor
                   Mayor
                             fitur  „wiki‟  (kamus)  secara  kolaboratif  (tutor  dna  mahasiswa)  menulis
                             dokumen  web;  dapat  menggunakan  „workshop’  (ruang  kerja)  untuk
                             tugas  dan  menyampaikan  hasilnya  untuk  peer  review;  dapat
                             menggunakan ‘open meetings’ (ruang konferensi virtual): untuk diskusi
                             (chat) melalui video dan suara.
                          d)  Memadukan atau mentautkan berbagai sumber berlajar dalam Moodle:
                             dapat mengerjakan/mem-switch berbagai sumber belajar dalam Moodle;
                             dapat menyisipkan atau mentautkan suatu file materi ajar; dapat meng-
                             copytext  dari  web  dan  mentautkan  ke  dalam  jendela  Moodle;  dapat
                             meng-copy  gambar  dan  menyisipkannya  atau  mentautkan  ke  jendela
                             Moodle.

               KESIMPULAN
                   Platform  perangkat  lunak  (application  software)  ‘e-learning’  seperti
               Moodle menyediakan beragam fitur-fitur (tools) yang ter-instal di dalamnya
               untuk  mendukung  startegi  pembelajaran.  Artikel  ini  memberikan  gagasan
               awal  pengembangan  indikator  pengukuran  tingkat  literasi  ‘e-learning’  dari
               tutor tutorial online.  Pengembangan indikator literasi  e-learning  tersebut
               mengkombinasikan 2 domain pendekatan ICT literacy dan platform Moodle
               literacy.  Berdasarkan  indikator  literasi  tersebut  dapat  diketahui  tingkatan
               kompetensi   tutor   (dosen)   terhadap   ‘e-learning’   sesuai   dengan
               karakteristiknya (tipologi). Indikator masih bersifat awal dan bersifat teknis
               (tehnical  skill)  belum  memasukan  aspek  yang  terkait  yang  terkait  dengan
               personal competency dan social compentency.
   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189