Page 151 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 151

138  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


                  Tabel 1. Jumlah Mata Kuliah Tawar dan Peserta Tuton

                     Tahun        MK Tawar        Jml Peserta
                     2013.1         930                  108,942
                     2013.2         930                  123,960
                     2014.1         1,021                222,905
                     2014.2         1,044                226,479
                              Sumber: data diolah (2014)

            Peningkatan jumlah peserta tuton dapat dianggap sebagai keberhasilan
        UT  dalam  menyediakan  bantuan  belajar  berbentuk  e-learning.  Jumlah
        mahasiswa FMIPA, FISIP dan FEKON terus meningkat setiap masa registrasi
        (Tabel 2).
            Ketatnya persaingan memaksa perguruan tinggi untuk fokus terhadap
        retensi siswa. Pertumbuhan sistem e-learning telah meningkatkan kompetisi
        diantara institusi pendidikan  tinggi dan mengurangi hambatan keluar bagi
        siswa (Tam dan Werner, 2005). Pesaing tidak hanya berasal dari perguruan
        tinggi yang ada di Indonesia, tetapi juga berasal dari perguruan tinggi di luar
        negeri.  Kepuasan  dan  komitmen  terhadap  sistem  e-learning  serta  niat
        mahasiswa  dalam  mengikuti  Tuton  telah  mendapat  perhatian  besar  dari
        institusi pendidikan (Tam dan Werner, 2005). Carvalho dan de Oliveira Mota
        (2010)  percaya  bahwa  hubungan  berkelanjutan  dengan  siswa  setelah
        kelulusan sangat berguna bagi kesinambungan keuangan perguruan tinggi.
        Selain  itu,  biaya  mempertahankan  siswa  yang  ada  lebih  murah  daripada
        mencari  siswa  baru.  Siswa  yang  loyal  mau  merekomendasikan  perguruan
        tinggi tempatnya menuntut ilmu sebelum dan sesudah kelulusan (Hennig-
        Thurau et al., 2001).

                        Tabel 2. Jumlah Mahasiswa Registrasi

                                           Masa Registrasi
               Fakultas
                            2013.1   2013.2   2014.1   2014.2   2015.1
                FKIP        283,542   268,283   261,720   245,819   234,559
                FMIPA        2,394   2,881    2,691   3,203    3,152
                FISIP       57,739   58,862   55,100   53,807   50,816
               FEKON        15,950   19,740   19,710   22,489   23,156
            PASCASARJANA     1,576   1,614    1,256   1,883    1,653
               JUMLAH       361,201   351,380   340,477   327,201   313,336
        Sumber: BAAPM UT, 2015
   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156