Page 146 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 146

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  133


               yang  utama  dalam  proses  pembelajaran  jarak  jauh  dan  online.  Hal  ini
               didukung dengan hasil penelitian Zarlina, Airil, Sheema dan Johana (2011)
               dan  Leloup  dan  Pontero  (2000),  aksesibilitas  internet  adalah  tulang
               punggung  pembelajaran  online.  Tanpa  koneksi  yang  stabil  dan  efisien,
               mahasiswa hanya akan menghadapi banyak masalah dan frustrasi, dan akan
               menghambat  perkembangan  dan  peningkatan  pendidikan  berbasis  pada
               teknologi baru. Pada masa yang akan datang diharapkan program DLA dapat
               menggantikan  praktikum  tatap  muka  dan  juga  dapat  digunakan  oleh
               masyarakat luas atau publik sebagai OER, khususnya di bidang akuntansi.
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151