Page 145 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 145
132 Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik
Tabel 17. Tambahan Visual yang diberikan sesuai tema utama
Frekuensi Persentase
Sangat Tidak Setuju 0 0%
Tidak Setuju 8 32%
Baik 3 12%
Setuju 14 56%
Sangat Setuju 0 0%
total 25 100%
Tabel 18. Navigasi yang jelas
Frekuensi Persentase
Sangat Tidak Setuju 0 0%
Tidak Setuju 1 4%
Baik 3 12%
Setuju 19 76%
Sangat Setuju 2 8%
total 25 100%
Jadi, secara keseluruhan dapat dilihat bahwa mayoritas persepsi
pengguna setuju dan sangat setuju dengan kualitas konten/isi dan fitur-fitur
yang ada pada Program DLA. Meskipun masih ada kualitas fitur yang lemah
yaitu dalam aksesibilitas dan jaringan internet yang sangat lambat.
KESIMPULAN
Program Studi Akuntansi UT memiliki mata kuliah berpraktikum dan
dalam pelaksanaanya masih ada keraguan, apakah praktikum dapat
dilakukan dengan proses pembelajaran jarak jauh. Program Dry Lab
Akuntansi (DLA) sebagai salah satu solusinya. Bahan pembelajaran program
DLA diperkaya dengan menambahkan berbagai OER yang diambil dan
diakses secara bebas dari internet. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan
bahwa persepsi pengguna atas kualitas konten/isi dan fitur-fitur pada
program DLA sangat baik, terutama kualitas konten. Sebagian besar
pengguna setuju dan sangat setuju dengan kualitas konten/isi. Program DLA
pada pembelajaran jarak jauh dapat mendorong dan memotivasi mahasiswa
untuk lebih tertarik dalam mempelajari akuntansi. Dalam kualitas fitur, ada
kualitas yang lemah yaitu aksesibilitas. Jaringan internet di universitas dan
atau rumahterkadangtidak stabil, padahal jaringan internet merupakan hal