Page 145 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 145

132  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


              Tabel 17. Tambahan Visual yang diberikan sesuai tema utama

                                       Frekuensi       Persentase
              Sangat Tidak Setuju          0             0%
              Tidak Setuju                 8             32%
              Baik                         3             12%
              Setuju                      14             56%
              Sangat Setuju                0             0%
              total                       25             100%

                            Tabel 18. Navigasi yang jelas

                                        Frekuensi      Persentase
             Sangat Tidak Setuju           0              0%
             Tidak Setuju                  1              4%
             Baik                          3             12%
             Setuju                       19             76%
             Sangat Setuju                 2              8%
             total                        25             100%

            Jadi,  secara  keseluruhan  dapat  dilihat  bahwa  mayoritas  persepsi
        pengguna setuju dan sangat setuju dengan kualitas konten/isi dan fitur-fitur
        yang ada pada Program DLA. Meskipun masih ada kualitas fitur yang lemah
        yaitu dalam aksesibilitas dan jaringan internet yang sangat lambat.

        KESIMPULAN
            Program  Studi  Akuntansi  UT  memiliki  mata  kuliah  berpraktikum  dan
        dalam  pelaksanaanya  masih  ada  keraguan,  apakah  praktikum  dapat
        dilakukan  dengan  proses  pembelajaran  jarak  jauh.  Program  Dry  Lab
        Akuntansi (DLA) sebagai salah satu solusinya. Bahan pembelajaran program
        DLA  diperkaya  dengan  menambahkan  berbagai  OER  yang  diambil  dan
        diakses secara bebas dari internet. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan
        bahwa  persepsi  pengguna  atas  kualitas  konten/isi  dan  fitur-fitur  pada
        program  DLA  sangat  baik,  terutama  kualitas  konten.  Sebagian  besar
        pengguna setuju dan sangat setuju dengan kualitas konten/isi. Program DLA
        pada pembelajaran jarak jauh dapat mendorong dan memotivasi mahasiswa
        untuk lebih tertarik dalam mempelajari akuntansi. Dalam kualitas fitur, ada
        kualitas yang lemah yaitu aksesibilitas. Jaringan internet di universitas dan
        atau rumahterkadangtidak stabil, padahal jaringan internet merupakan hal
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150