Page 140 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 140
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 127
Berdasarkan data Tabel 6, dapat dilihat bahwa persepsi pengguna
mayoritas setuju (72%) dengan struktur isi/konten program DLA
terorganisasi dengan baik. Beberapa pengguna mengklaim bahwa isi materi
tersebut telah diatur secara sistematis dan memfasilitasi pemahaman
mereka tentang materi. Dari Tabel 5, persepsi pengguna pada kualitas
konten dalam kisaran 3 sampai 5 dengan rata-rata 3,95. Artinya, sebagian
besar mahasiswa setuju (3,95 mendekati 4) konten telah disiapkan dengan
baik dan teratur.
Sebagian besar responden juga setuju bahwa konten program DLA
akurat dalam hal konsep, istilah dan fakta-fakta yang terjadi. Ini ditunjukkan
dengan 68% setuju dan 8% sangat setuju (lihat Tabel 7).
Tabel 7. Isi/Konten akurat dalam hal konsep dan up to date
Frekuensi Persentase
Sangat Tidak Setuju 0 0%
Tidak Setuju 0 0%
Moderat 6 24%
Setuju 17 68%
Sangat Setuju 2 8%
Total 25 24%
Pada Tabel 8 dan 9 di bawah ini menunjukkan persepsi pengguna
tentang kualitas bahasa DLA. Dari Tabel 8 dapat dilihat bahwa 60%
pengguna setuju dan 20% pengguna sangat setuju, itu berarti bahwa
program DLA telah menerapkan bahasa yang sederhana, tepat, benar dan
jelas. Selain itu juga pengguna menyebutkan bahwa bahasa yang digunakan
adalah mudah dipahami. 68% pengguna setuju dan 16% pengguna sangat
setuju bahwa bahasa yang digunakan adalah gaya pendekatan pribadi
seperti menggunakan kata anda, saya, kita dan sebagainya. Hal ini membuat
pengguna nyaman dan akrab.