Page 136 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 136

Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik  123


                   Variabel dari penelitian ini adalah konten/isi dan fitur-fitur kualitas DLA.
               Kualitas konten/isi terdiri dari struktur konten, konten yang akurat, bahasa
               yang digunakan sederhana dan jelas, bahasa yang digunakan adalah dengan
               gaya pendekatan  pribadi, ilustrasi yang digunakan cocok dan ditempatkan
               secara  benar  dalam  teks,  ilustrasi  yang  cukup  memadai  mencakup  semua
               aspek yang signifikan dan tugas yang terstruktur dengan baik, menarik dan
               mendorong.Fitur kualitas terdiri dari menu tata letak, animasi, desain latar
               belakang,  jenis  huruf  (font)  dan  warna,  mudah  di  akses,  tambahan  visual
               dan navigasi yang jelas pada Program DLA.

               PEMBAHASAN
                   Sejumlah  mahasiswa  telah  diminta  untuk  menjawab  serangkaian
               kuesioner  yang  berisi  pertanyaan  tentang  persepsi  mereka  dalam
               penggunaan  bahan  program  DLA.  Pertanyaan  yang  diajukan  didasarkan
               pada dua pertanyaan penelitian. Mahasiswa juga diwawancarai secara acak
               untuk memperkaya pendapatnya tentang pembelajaran Program DLA. Lima
               puluh kuesioner telah didistribusikan dan 28 kuesioner yang dikembalikan
               tetapi hanya 25 kuesioner yang valid.

                        Tabel 2. Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

                            Jenis Kelamin     Frekuensi    Presentase
                        Laki-laki                11          40%
                        Perempuan                14          60%
                        Total                    25          100%
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141