Page 136 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 136
Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik 123
Variabel dari penelitian ini adalah konten/isi dan fitur-fitur kualitas DLA.
Kualitas konten/isi terdiri dari struktur konten, konten yang akurat, bahasa
yang digunakan sederhana dan jelas, bahasa yang digunakan adalah dengan
gaya pendekatan pribadi, ilustrasi yang digunakan cocok dan ditempatkan
secara benar dalam teks, ilustrasi yang cukup memadai mencakup semua
aspek yang signifikan dan tugas yang terstruktur dengan baik, menarik dan
mendorong.Fitur kualitas terdiri dari menu tata letak, animasi, desain latar
belakang, jenis huruf (font) dan warna, mudah di akses, tambahan visual
dan navigasi yang jelas pada Program DLA.
PEMBAHASAN
Sejumlah mahasiswa telah diminta untuk menjawab serangkaian
kuesioner yang berisi pertanyaan tentang persepsi mereka dalam
penggunaan bahan program DLA. Pertanyaan yang diajukan didasarkan
pada dua pertanyaan penelitian. Mahasiswa juga diwawancarai secara acak
untuk memperkaya pendapatnya tentang pembelajaran Program DLA. Lima
puluh kuesioner telah didistribusikan dan 28 kuesioner yang dikembalikan
tetapi hanya 25 kuesioner yang valid.
Tabel 2. Jumlah Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Jenis Kelamin Frekuensi Presentase
Laki-laki 11 40%
Perempuan 14 60%
Total 25 100%