Page 133 - Institusi Pendidikan Tinggi Di Era Digital: Pemikiran, Permodelan, Dan Praktik Baik
P. 133

120  Institusi Pendidikan Tinggi di Era Digital: Pemikiran, Permodelan dan Praktek Baik


        bahan ajar disajikan secara menarik, relevan dan berkualitas. Bentuk-bentuk
        sistem pendidikan jarak jauh adalah dengan penggunaan media teknis, baik
        cetak,  audio,  video  atau  komputer  untuk  memberikan  pengetahuan  dari
        guru/tutor  kepada  siswa.  Penyampaian  isi  materi  harus  didukung  oleh
        deskripsi, baik tertulis, audio, gambar dan video.
            Berdasarkan  hal  tersebut,  UT  khususnya  Program  Studi  Akuntansi
        menyediakan berbagai layanan bantuan belajar belajar siswa untuk setiap
        mata  kuliah,  khususnya  mata  kuliah  berpraktikum.  Jenis  teknologi  yang
        dapat  dieksplorasi  untuk  digunakan  sebagai  bahan  pembelajaran  adalah
        Program  Dry  Lab  Akuntansi  (DLA).  Program  DLA  sebagai  bahan
        pembelajaran  praktikum  yang  diperkaya  dengan  berbagai  bahan
        pembelajaran  yang  dapat  bebas  diakses  dari  Internet.  Penelitian  ini
        mengevaluasi kualitas DLA sebagai  bahan pembelajaran yang terintregasi ke
        OER  oleh  pengguna,  termasuk  tanggapan  dan  opini  pengguna  tentang  isi
        dan fitur-fitur yang ada pada program DLA.
            Dalam  praktik  pendidikan  jarak  jauh,  TIK  mendukung  pelaksanaan
        proses  belajar  dan  mengajar  dalam  mode  synchronous  dan  asynchronous
        seperti  yang  ditunjukkan  sebelumnya.  Hal  ini  mengacu  pada  instruksi
        berbasis  teknologi  di  mana  fisik  siswa  dan  lokasi  terpisah  dari
        tutor/instruktur selama proses pembelajaran (Ormrod, 2008)49).
            Menurut Keegan (1986:49)  seperti dikutip dalam Suparman dan Zuhairi
        (2004), ada enam komponen yang menjadi ciri sistem pendidikan jarak jauh:
        1)  pemisahan  guru  dan  siswa  yang  membedakan  sistem  pendidikan  jarak
        jauh  dari  sistem  tatap  muka  konvensional;  2)  ada  pengaruh  dari  suatu
        organisasi  pendidikan  yang  membedakannya  dari  pendidikan  swasta;  3)
        penggunaan media teknis seperti cetak, audio, video, atau komputer untuk
        memberikan pengetahuan dari guru ke siswa; (4) menyediakan komunikasi
        dua  arah  sehingga  siswa  mendapatkan  manfaat,  serta  mendorong  siswa
        untuk mengambil inisiatif dalam diskusi; 5) kemungkinan bertemu dengan
        orang lain atau untuk tujuan pengajaran dan sosialisasi; dan 6) partisipasi
        dalam industrialisasi pendidikan.
            TIK  telah  memberikan  kontribusi  untuk  memenuhi  syarat  praktek
        pendidikan  dan  manajemen  dalam  pendidikan  jarak  jauh  dan  telah
        memperluas  alternatif  untuk  mencapai  kualitas  manajemen  dan  praktik
        pendidikan. Sebagian besar lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia telah
        menggunakan  TIK  untuk  mengembangkan  dan  memberikan  konstribusi
        pada proses belajar mengajar. Pemanfaatan OER minimal dapat ditunjukkan
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138